Neutron Yogyakarta

Libur Nataru, Sehari Ada 15 Perjalanan KA

Libur Nataru, Sehari Ada 15 Perjalanan KA
Suasana penumpang di stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto, Minggu (26/11).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 di PT KAI Daerah Operasional (Daop) 5 Purwokerto baru dimulai Desember mendatang. Yakni, dimulai pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih menyampaikan, pada masa angkutan Nataru, Daop 5 Purwokerto menyiapkan 270 perjalanan kereta api (KA) reguler. “Kami siapkan sekitar 155.088 tempat duduk. Rerata per hari yaitu tersedia 15 perjalanan KA dengan 8.616 tempat duduk,” ujarnya Minggu (26/11).

Disebutkan, calon penumpang KA di masa angkutan Nataru sudah bisa memesan sejak 6 November 2023 lalu. Atau, dapat dipesan sejak H-45 hari sebelum jadwal keberangkatan. “Tercatat sampai 24 November 2023 lalu sudah terjual sekitar 12,5 persen atau sekitar 19.200 tiket terjual,” ungkapnya.

Baca Juga: Pagi Ini KA Prameks Mengalami Penundaan Sementara di antara Stasiun Rewulu – Sentolo, Begini Tanggapan KAI

Adapun, penjualan tiket favorit untuk KA keberangkatan dari wilayah Daop 5 di antaranya Kutojaya Utara dan Sawunggalih relasi dari Stasiun Kutoarjo – Pasarsenen. “Total penjualannya sudah di atas 90 persen,” sambungnya.

Feni memperkirakan, puncak libur Nataru akan terjadi pada 1 Januari 2024 nanti. Untuk itu, dia berpesan kepada calon penumpang untuk lebih teliti dalam memesan tiket. Apalagi, saat memasukkan tanggal, rute, hingga data diri penumpang. “Harus teliti. Tiket bisa pesan lewat aplikasi Access by KAI hingga website kai.id,” tegasnya.

Dia mengatakan, terkait tarif tiket KA komersial di masa angkutan Nataru masih mengacu pada ketentuan tarif batas bawah (TBB) – tarif batas atas (TBA). Sedang, untuk tiket KA public service obligation (PSO) tarifnya sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pemerintah. “Untuk pengoperasian KA tambahan pada akan kami informasikan lebih lanjut,” tandas Feni. (han/pra)

Lainnya