Neutron Yogyakarta

Direvitalisasi, Parkir Alun-Alun Kebumen Sementara Gratis

Direvitalisasi, Parkir Alun-Alun Kebumen Sementara Gratis
PERHATIAN : Pemkab Kebumen memasang papan pengumuman parkir gratis di beberapa titik sekitar area Alun-Alun Kebumen.M Hafied/Radar Kebumen

RADAR MAGELANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen memberlakukan parkir gratis di area Alun-Alun Kebumen untuk sementara waktu. Kebijakan ini berlaku sampai proses revitalisasi rampung.

Kepala Disperkimhub Slamet Mustolkhah mengimbau masyarakat tidak memberikan uang kepada juru parkir yang beraktivitas di area tersebut.

Slamet mengatakan, meski masih dalam proses revitalisasi, antusias masyarakat untuk datang ke kawasan ini cukup tinggi. Mereka mayoritas datang karena rasa penasaran ingin melihat lebih dekat hasil pembangunan yang kini jauh lebih estetik.

Slamet menegaskan penarikan retribusi parkir diberlakukan ketika pembangunan selesai dan pemkab telah membentuk badan atau lembaga resmi yang khusus menangani.

Revitalisasi Alun-Alun Kebumen hingga kini terus dikebut. Berbagai fasilitas publik akan ditata secara komprehensif agar memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. Termasuk dengan adanya penyediaan kantong parkir yang luas dan representatif.

Revitalisasi ini menelan anggaran Rp 9,8 Miliar. Rencananya pembangunan dilakukan bertahap dan ditarget rampung pada tahun depan. (fid/din)

Lainnya

RADAR MAGELANG – Proyek pembangunan gedung Puskesmas Alian telah rampung dikerjakan. Infrastruktur layanan kesehatan ini dibangun atas manfaat dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) senilai Rp 6,3 miliar. Kepala UPTD Puskesmas Alian Brantas Prayoga memastikan, seluruh layanan kesehatan akan lebih optimal pasca menempati gedung baru. Sebab lewat perbaikan ini standar layanan kesehatan di Puskesmas Alian setingkat lebih maju dari sebelumnya. Terpenting sudah tersedia layanan rawat inap dan rawat jalan. “Layanan kami UGD 24 jam. Di poli kami punya ruang pemeriksaan umum dan MTBS,” jelasnya, Selasa (26/12). Puskesmas yang berlokasi di Jalan Pemandian Krakal tersebut secara resmi membuka pelayanan perdana pada awal Desember lalu. Dari DBHCHT, Puskesmas Alian kini memiliki gedung dua lantai. Dengan fisik bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 1.400 meter persegi. Berbagai pelayanan penunjang tambahan saat ini juga telah tersedia. Antara lain poli, pemeriksaan USG dan persalinan. Selain itu, pembangunan Puskesmas Alian juga didesain memiliki ruang tunggu lebih luas agar masyarakat nyaman. Brantas menyatakan, pihaknya akan berkomitmen untuk selalu menjaga mutu kualitas serta profesionalitas terhadap layanan kesehatan masyarakat. “Ada beberapa ruangan dan sudah sekarang beroperasi untuk pelayanan masyarakat,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Bea Cukai Cilacap M Irwan menyebut, realisasi penerimaan negara dari objek cukai rokok di Kebumen terbilang cukup tinggi. Tepatnya mencapai Rp 300 miliar. Penerimaan ini tak luput karena banyaknya produsen rokok rumahan di Kebumen. “Penerimaan cukai justru dari Kebumen. Karena pabrik rokok cukup besar ada di Kebumen, sama klembak menyan itu heritage,” kata Irwan. M Irwan menjelaskan, sejauh ini berbagai upaya terus digencarkan agar penerimaan dari objek cukai rokok dan tembakau terus meningkat. Salah satunya melalui tindakan represif dengan melakukan operasi penertiban rokok ilegal. Kemudian, upaya preventif melalui pengawasan terhadap distribusi rokok ilegal. “Ada skema bagi hasil, buat sosialisasi dan patroli tim terpadu,” jelasnya. (fid/ila)