Neutron Yogyakarta

Bersihkan Lokasi, Siapkan Paket Wisata

Bersihkan Lokasi, Siapkan Paket Wisata
Suasana di salah satu tempat wisata di Kabupaten Purworejo yaitu Pantai Dewaruci yang berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purworejo. (Jihan Aron Vahera/Radar jogja)

RADAR MAGELANG – Pengelola objek wisata (obwis) di Kabupaten Purworejo bersiap sambut wisatawan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Salah satunya yaitu wisata Taman Sidandang di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing. “Dari kemarin sudah mulai menerima paket wisata. Untuk, lokasi wisata secara bertahap juga sudah kami bersihkan,” kata pengelola wisata Taman Sidandang Kelik, Jumat (15/12).

Pembersihan lokasi wisata tersebut bertujuan agar wisatawan lebih nyaman saat berkunjung. “Untuk paket wisata kami masih masa seperti dulu. Harga tiket masuk (HTM) juga masih sama yaitu Rp 5.000 per orang,” sebutnya.

Adapun, sejumlah paket wisata yang ditawarkan antara lain Paket Sidandang Adventure, yaitu memberikan kesempatan pada wisatawan untuk menjelajah alam Rp 65 ribu per pax. Selain itu, Paket Sidandang Family Rp 450 ribu per empat pax yaitu paket untuk keluarga atau komunitas yang ingin menikmati suasana alam dan merasakan kekayaan budaya masyarakat pedesaan yang lebih intimate.

Pihaknya juga menyediakan penginapan dengan harga Rp 350 ribu per malam. Fasilitas yang ditawarkan antara lain tempat tidur king bed size, all access dan parkir, free sarapan, serta free refill tea dan coffee.

Dia berharap, di Nataru kali ini bukan hanya pengunjung konvensional saja yang meningkat. “Saya berharap ataru kali ini,  kunjungan wisatawan minat khusus yang ingin menikmati paket wisata kami juga ikut meningkat,” harapnya.

Sementara, tempat wisata lain yang dikelola oleh pemerintah juga disiapkan mulai dari kawasan Alun-Alun Kutoarjo dan Purworejo, kolam renang Arta Tirta hingga Pantai Dewaruci. “Menghadapi libur nataru, sejumlah pengamanan dan pengecekkan fasilitas kami lakukan,” ujar Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo Stephanus Aan Isa Nugraha.

Aan menyebut, seperti biasa kunjungan wisatawan saat libur akan mengalami peningkatan. Sehingga antisipasi perlu dilakukan utamanya di Pantai Dewaruci. “Akan kami siapkan posko di sana untuk monitoring saat libur nataru,” tandas dia. (han/pra)

Lainnya