Neutron Yogyakarta

Sebelum Pelaksanaan Misa, Gereja di Purworejo Disterilisasi

Sebelum Pelaksanaan Misa, Gereja di Purworejo Disterilisasi
Proses sterilisasi Gereja Katolik Santa Perawan Maria, Kecamatan/Kabupaten Purworejo oleh petugas pada Minggu (24/12).JIHAN ARON VAHER/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Sebelum pelaksanaan ibadah natal, Polres Purworejo beserta tim gabungan lakukan sterilisasi gereja di Purworejo. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan ibadah dapat berjalan lancar.

Salah satu gereja yang dilakukan sterilisasi yaitu Gereja Katolik Santa Perawan Maria Kecamatan/Kabupaten Purworejo pada Minggu (24/12). Gereja tersebut merupakan salah satu gereja yang memiliki jemaat yang cukup besar.

Baca Juga: Nugroho Susanto, Suka Duka Menjadi Koster GPIB Beth-El Magelang, Bukan soal Materi, tapi Melayani Umat Sepenuh Hati

“Sterilisasi dilakukan untuk memastikan ibadah natal oleh umat Kristiani dapat berjalan dengan tenang dan khidmat,” ujar Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo pada Minggu (24/12) usai kegiatan sterilisasi. Yakni, dengan melibatkan TNI dan juga Satpol PP dan Damkar Purworejo.

Sterilisasi dilakukan dengan melakukan deteksi dini, sebagai upaya pencegahan tindak kejahatan yang mungkin muncul. Adapun perlengkapan yang digiatkan yaitu K9, metal detector, dan mirror.

“Ada 96 gereja di Kabupaten Purworejo. Yang misa malam ini ada 47 gereja. Kami terjunkan sekitar 390 personel untuk melakukan pengamanan di gereja-gereja,” sebutnya.

Baca Juga: Polres Kebumen Siapkan Dua Jalur Mudik Nataru

Dia berharap, umat nasrani dapat menjalankan ibadah dengan aman, nyaman, dan tenang. “Kami harap masyarakat selama natal dan tahun baru untuk menjaga keselamatan. Hindari kegiatan yang sifatnya negatif dan merugikan masyarakat itu sendiri,” pesan dia.

Romo Paroki Santa Perawan Maria Purworejo Paulus Pratanda, MSC menyampaikan, di natal kali ini, gerejanya akan mengadakan misa sebanyak empat kali. Untuk Minggu (24/12) malam akan mengadakan misa dua kali yaitu pukul 18.00 dan 20.00.

Baca Juga: Lebih dari Seribu APK di Bantul Melanggar Ketentuan Pemasangan

“Perkiraan setiap misa ada sekitar 400 umat,” katanya.

Dia sangat mengapresiasi dengan adanya sterilisasi di Gereja Katolik Santa Perawan Maria Purworejo. “Tentu kami sangat berterima kasih atas dukungan dari semua pihak karena telah membuat umat nasrani dapat beribadah dengan rasa aman,” ujar dia. (han/pra)

Lainnya