Neutron Yogyakarta

Kebutuhan PTPS 2.995, Jumlah Pendaftar 3.238 Orang

Kebutuhan PTPS 2.995, Jumlah Pendaftar 3.238 Orang
SELEKSI : Panwaslu Kecamatan Kutoarjo saat menerima berkas pendaftaran para pelamar PTPS pada Kamis (4/1) lalu.ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Pendaftaran pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di Kabupaten Purworejo telah ditutup. Sebanyak 3.238 orang mengajukan lamaran. Pendaftar didominasi oleh laki-laki.”Rinciannya 1.885 pendaftar laki-laki dan 1.353 perempuan,”ujar anggota Bawaslu Purworejo Siti Sangiatus Sholikhah, kemarin (10/1).

Penerimaan berkas telah dilakukan sejak 2-6 Januari lalu di masing-masing sekretariat panwaslu kecamatan. Di setiap TPS, akan ada satu pengawas. Sehingga, kebutuhan PTPS di Kabupaten Purworejo sebanyak 2.995 orang.Saat ini panwaslu kecamatan sedang mengumumkan hasil seleksi administrasi. “Setelah itu, akan dilakukan dengan seleksi wawancara,” terangnya.

Nantinya, seleksi wawancara akan dilakukan oleh masing-masing panwaslu kecamatan. Siti berharap, pada proses wawancara, para peserta dapat mempersiapkan diri secara optimal. “Kami juga berharap, panwaslu kecamatan dapat menjaring calon PTPS dengan sebaik mungkin,” harapnya.

PTPS terpilih nantinya harus benar-benar dapat memastikan jalannya pemilu yang demokratis. Dia berharap rekruitmen PTPS berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat mencerminkan kehendak rakyat secara keseluruhan.

Sementara, terkait materi wawancara, meliputi pengetahuan tentang pemilu. Selain itu, pengetahuan muatan lokal, integritas diri, komitmen dan motivasi, kemampuan komunikasi dan kerja sama tim. “Berkaitan pula tentang kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi,” tandasnya. (han/din)

Lainnya