Neutron Yogyakarta

Lama Tutup, Kolam Renang Arta Tirta Purworejo Mulai Buka

Lama Tutup, Kolam Renang Arta Tirta Purworejo Mulai Buka
RAMAI: Suasana Kolam Renang Arta Tirta Purworejo sebelum dilakukan penutupan, ramai dan banyak pengunjung.ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Lama ditutup, Kolam Renang Arta Tirta Purworejo sudah mulai buka kembali 20 Januari 2024.

Kolam renang tersebut sudah ditutup sejak awal 2023 lalu karena pengelola dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo tak ingin perparah kondisi mesin kolam.

Kolam tersebut ditutup karena kondisi instalasi sistem yang sudah tua. Untuk itu, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Purworejo melakukan perbaikan sejak November 2023 lalu dan selesai awal Januari 2024.

Adapun perbaikan yang dilakukan yaitu penggantian dua mesin filter dan mesin bawah tanah untuk mengali sumber air dengan dana sekitar Rp 400 juta.

Mengingat sejak 1987 lalu, mesin atau alat tersebut setiap rusak hanya diperbaiki saja, belum pernah diganti.

“Saat ini perlengkapan serta sarana dan prasarana (sarpras) di sana sudah siap untuk digunakan,” kata Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pengelolaan Destinasi Pariwisata, Dinporapar Purworejo Agus Budiyanto Jumat (19/1).

Meski, tahun ini masih berlanjut untuk perbaikan kecil-kecilan atau pemeliharaan seperti plester lantai pecah.

Dikatakan, untuk tiket masuk masih sama seperti dulu yakni setiap weekday Rp 5 ribu dan weekend atau hari libur Rp 7.500 per orang.

Sarana dan prasarana (sarpras) yang sudah tersedia untuk pengunjung seperti kios kuliner, mini waterboom, tempat duduk, pemantauan petugas, ruang ganti, hingga toilet.

Rencananya, juga akan ada penambahan sarpras dari dana alokasi khusus (DAK) sekitar Rp 2,5. Yakni, untuk  pembangunan panggung dan TIC di Kolam Renang Arta Tirta.

Agus berharap, dengan dibukanya kembali salah satu obwis favorit masyarakat di Kabupaten Purworejo itu, ada peningkatan pengunjung.

Sehingga dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

“Semoga cuaca juga mendukung. Jadi, setelah dibuka bisa banyak yang datang,” harapnya.

Dia juga mengimbau kepada para pengunjung kolam, dapat mengamati anak-anaknya untuk bermain di kolam anak-anak. Jangan sampai anak kecil masuk ke kolam besar.

“Karena kolam kecil dan besar berdekatan. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” imbau dia.

Salah satu warga Purworejo Alfrefa Yulian Putra Pratama, 14, mengaku senang setelah mendapatkan kabar bahwa Kolam Renang Arta Tirta Purworejo kembali dibuka.

Menurutnya, kolam tersebut merupakan kolam yang representatif dan bagus.

“Senang karena kalau sudah buka bisa berenang disitu lagi. Lebih dekat dengan rumah juga,” ujarnya.  (han)

Lainnya

Exit mobile version