Neutron Yogyakarta

Cucu Cicit Bupati Purworejo Pertama Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional Oleh BSSN

Cucu Cicit Bupati Purworejo Pertama Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional Oleh BSSN
SEPAKAT: FGD usulan pemberian gelar pahlawan nasional untuk Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Kamis (25/1).ISTIMEWA

PURWOREJO – Cucu cicit tokoh Purworejo diusulkan menjadi pahlawan nasional. Dia adalah Mayjen TNI (Purn) dr Roebiono Kertopati.

Usulan disampaikan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Roeniono adalah cucu cicit dari Bupati Purworejo pertama. Yaitu, Raden Adipati (RAA) Tjokronegoro I.

Dia lahir di  Ciamis, 11 Maret 1914 silam. Dan, merupakan putra dari dr. Roebiono, Raden Bei Soewardjo Kertopati, anak bupati pertama Purworejo.

Roebiono Kertopati dinilai memiliki banyak jasa. Khususnya, di bidang persandian Indonesia.

Di antaranya, merintis Dinas Code pada 1946 saat bertugas di bidang intelijen dari Kementerian Pertahanan. Kini Dinas Code bernama Lembaga Sandi Negara.

Roebiono Kertopati juga pernah menjadi menjadi Kepala Lembaga Sandi Negara selama 38 tahun lebih.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN Brigjen TNI Berty Beatus Wilem Sumakud mengungkapkan, proses pengusulan gelar pahlawan nasional bagi Roebiono Kertopati dimulai dari Kabupaten Purworejo. Lalu, ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Setelah itu, berlanjut sampai ke Kementerian Sosial (Kemensos) dan akan ada dewan gelar nasional yang akan menilai serta memutuskan sebelum ditetapkan oleh Presiden,” ungkapnya dalam agenda FGD usulan pemberian gelar pahlawan nasional untuk Mayjen TNI dr Roebiono Kertopati, Kamis (25/1).

Poses pengusulan sampai Kemensos terakhir pada 31 Maret 2024. Sedang, pengesahan atau penetapan sebagai pahlawan nasional rencananya akan dilakukan pada 10 November 2024 saat Hari Pahlawan.

“Prosesnya tidak mudah, tapi harapannya semua dapat berjalan baik,” harapnya.

Di sisi lain, BSSN juga berencana mendeklarasikan Roebiono Kertopati sebagai bapak persandian Indonesia. Rencananya dilakukan 1 Februari mendatang.

Sumakud mengatakan, Roebiono Kertopati adalah pejuang multi talenta yang memiliki banyak jasa.

Tak hanya di bidang persandian. Tapi, juga di bidang kesehatan, telekomunikasi, hingga tenaga atom.

Roebiono Kertopati juga mendirikan sekolah Akademi Sandi Negara. Sekarang bernama Politeknik Siber dan Sandi Negara di Ciseeng, Bogor.

Karya ilmiahnya sampai saat ini masih dipakai oleh mahasiswa kampus tersebut.

Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengatakan, Pemkab Purworejo akan mendukung dan memperjuangkan usulan pemberian gelar pahlawan untuk Roebiono Kertopati tersebut.

“Meski bukan kelahiran Kabupaten Purworejo tapi dia tetap bagian dari Kabupaten Purworejo. Jadi kami akan memperjuangkan itu,” sebutnya. (han)

Lainnya