Neutron Yogyakarta

Terminal Tipe C Purwodadi Dioperasikan untuk Angkudes, Diharapkan Jadi Penggerak Ekonomi Wilayah Selatan

Terminal Tipe C Purwodadi Dioperasikan untuk Angkudes, Diharapkan Jadi Penggerak Ekonomi Wilayah Selatan
Bupati Purworejo Yuli Hastuti saat potong tumpeng sebagai tanda pengoperasian Terminal Tipe C Purwodadi pada Jumat (2/2).ISTIMEWA

PURWOREJO – Pembangunan terminal tipe C Purwodadi yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo telah selesai. Kini terminal tersebut sudah mulai dioperasikan untuk angkutan umum desa (angkudes).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Purworejo Hery Raharjo menyampaikan, pembangunan terminal tersebut selesai selama 150 hari kerja sejak Juli 2023 lalu dan telah diserahterimakan pada 1 Desember 2023. “Harapannya, terminal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, khususnya untuk angkudes,” katanya Jumat (2/2).

Terminal akan difungsikan untuk angkudes yaitu, jalur 19 Purworejo – Ngombol, jalur 20 Purworejo – Gesing, dan jalur 48 Purworejo – Jogoboyo. Selain dengan pos jaga, terminal dengan luas 977 meter tersebut dilengkapi dengan CCTV, kios, taman terbuka hijau, monumen manggis dan sarana pendukung lainnya.

Hery berharap, terminal tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat pengguna jasa pelayanan terminal. Selain itu, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempermudah moda transportasi khususnya di wilayah selatan.

Bupati Purworejo Yuli Hastuti menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya terminal tipe C tersebut. Menurutnya, pembangunan terminal tipe C di Kecamatan Purwodadi dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan wilayah selatan Kabupaten Purworejo. “Hal itu, harus diikuti dengan peningkatan sektor transportasi angkutan umum khususnya di wilayah Purwodadi dan Ngombol,” sebutnya.

Pemkab Purworejo melalui Dinas Perhubungan pada tahun anggaran 2023 telah dapat menyelesaikan pembangunan Terminal Tipe C Purwodadi di atas tanah seluas 977 meter persegi, yang dibiayai APBD Kabupaten Purworejo sebesar  Rp 2,57 miliar. “Alhamdulillah Terminal Purwodadi sudah bisa dioperasikan mulai hari ini.  Untuk peresmiannya diadakan secara simbolis dengan proyek-proyek 2023 nanti waktu Hari Jadi Kabupaten Purworejo,” katanya.

Diketahui, di 2023, Kabupaten Purworejo telah dibangun tiga terminal sesuai fungsi dan kewenangannya. Antara lain, Terminal Penumpang Tipe A Purworejo oleh Kementerian Perhubungan, Terminal Penumpang Tipe B oleh Pemerintah Provinsi Jateng, dan Terminal Penumpang Tipe C Purwodadi oleh Pemkab Purworejo. (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version