Neutron Yogyakarta

Mudahkan Pemdes Kalirejo Terkait Surat Kepemilikan Tanah Warga, Mahasiswa UMP Lakukan Digitalisasi C Desa

Mudahkan Pemdes Kalirejo Terkait Surat Kepemilikan Tanah Warga, Mahasiswa UMP Lakukan Digitalisasi C Desa
Mahasiswa UMP menyerahkan secara simbolik pembuatan digitalisasi C Desa Kalirejo kepada Pemdes Kalirejo, beberapa waktu lalu.ISTIMEWA

PURWOREJO – Mudahkan Pemerintah Desa (Pemdes) Kalirejo terkait surat kepemilikan tanah warga, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) di Desa Kalirejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo lakukan digitalisasi C desa.

Ketua KKN UMP Purworejo di Desa Kalirejo Muhammad Nurohman menyampaikan, C desa adalah sebuah buku yang memuat data-data dan bukti kepemilikan tanah di wilayah tertentu.

Umumnya, terdapat di desa dan merupakan bentuk warisan tanah dari leluhur yang tinggal di desa tersebut.

Dia menyebutkan, Desa kalirejo memiliki C desa yang masih berbentuk buku dengan tulisan tangan.

Untuk itu, mereka berinisiatif untuk melakukan digitalisasi C desa.

“Pembuatan digitalisasi tersebut dilakukan untuk memudahkan perangkat Desa Kalirejo dalam mencari data dan informasi mengenai surat kepemilikan tanah warga Desa Kalirejo,” ungkapnya Jumat (9/2).

Selain itu, mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di desa. Menurutnya, digitalisasi layanan publik di desa membawa berbagai peluang, seperti meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan, mempercepat aksesibilitas dan responsivitas pelayanan, serta memperluas jangkauan pelayanan publik ke seluruh lapisan masyarakat desa.

Adapun, proses pembuatan digitalisasi C desa dilakukan dengan cara memasukan nama-nama pemilik tanah ke dalam excel. Proses tersebut berlangsung selama kurang lebih satu minggu.

“Pada 1 Februari 2024 lalu sudah kami serahkan ke Pemdes Kalirejo,” imbuhnya.

Dia mengatakan, pembuatan C desa dilakukan juga untuk mengenalkan digitalisasi kepada perangkat desa.

Dia berharap, digitalisasi C desa tersebut dapat mempermudah perangkat desa dalam pengelolaan administrasi Desa Kalirejo.

Selain, digitalisasi C desa, mereka juga melakukan pengadministrasian desa dengan membuat pembukuan digital.

Yakni, berupa buku administrasi posyandu dan kartu antrean posyandu serta melakukan program kerja promosi dan pemasaran dengan membuat plang penunjuk jalan agar memudahkan wisatawan yang berkunjung ke Desa Kalirejo.

“Program kerja tersebut diharapkan dapat membuat Desa Kalirejo semakin baik. Serta, apa yang sudah dibuat seperti plang penunjuk jalan hingga C desa dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan baik,” harap dia.

Kepala Desa Kalirejo Hartoyo sangat mengapresiasi pembuatan digitalisasi C desa tersebut.

Pun, sangat menyambut baik program-program kerja yang mahasiswa UMP lakukan.

“Kami senang karena pembuatan digitalisasi C desa sangat membantu perangkat desa dalam proses pengelolaan informasi dan administrasi,” ungkapnya. (han/bah)

Lainnya