Neutron Yogyakarta

Hari Ini Logistik Pemilu sampai ke TPS

Hari Ini Logistik Pemilu sampai ke TPS
ISTIMEWA Bawaslu Purworejo saat melakukan monitoring pergeseran logistik untuk Pemilu 2024 di salah satu kecamatan di Kabupaten Purworejo, Senin (12/2).

RADAR PURWOREJO – Kebutuhan logistik untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Purworejo sudah mulai didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan/desa. Sebelum nantinya akan didistribusikan ke TPS-TPS.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo Jarot Sarwosambodo menyampaikan, saat ini untuk tahapan pemungutan suara sudah disiapkan semua. Termasuk, kebutuhan logistik untuk pencoblosan.

“Hari ini (kemarin) kami mulai mendistribusikan surat suara ke PPS. Dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 16 kecamatan sudah bergeser ke PPS,” ungkapnya Senin (12/2). Sementara, untuk distribusi ke TPS akan dilakukan H-1 sebelum pemungutan suara.

Menurut Jarot, proses pendistribusian logistik lancar dan tidak ada kendala. “Kami pastikan logistik untuk pemungutan suara sudah sesuai dan tepat untuk TPS-TPS,” terangnya.

Bawaslu Purworejo juga ikut memantau pendistribusian logistik ke PPS. Anggota Bawaslu Kabupaten Purworejo Siti Dangiatus Solikhah yang juga merupakan PIC logistik melakukan monitoring terkait pergeseran logistik Pemilu 2024 di sejumlah kecamatan.

Dalam monitoringnya di Kecamatan Purworejo, pergeseran logistik dilakukan oleh PPK Kecamatan Purworejo menggunakan tiga armada secara bergantian. Proses pergeseran logistik diawasi oleh panwaslu kecamatan beserta jajaran polsek dan koramil. Begitu pula, pergeseran logistik di Kecamatan Kaligesing dan Gebang yang berlangsung sejak pukul 8.00 dengan mengutamakan desa yang sulit dijangkau terlebih dahulu.

Disampaikan, masing-masing armada pembawa logistik dikawal oleh seorang petugas pengamanan dari polsek setempat bersama PPK dan panwaslu kecamatan. Kemudian, panitia pengawas kelurahan atau desa (PKD) akan melaksanakan pengawasan serah terima logistik antara PPK kepada PPS di masing-masing desa.

Sebelum pengiriman dan setelah penerimaan logistik, akan dilakukan pengecekan jumlah, kesesuaian dapil, dan kondisi fisik kotak suara. “Panwaslu kecamatan dan PKD akan menuangkan hasil pengawasannya dalam form pengawasan dan form pencegahan yang dilaporkan secara berjenjang,” ujar dia. (han/pra)

Lainnya