Neutron Yogyakarta

Jika Tidak Fit Mending Diantar atau naik Ojol Polres Purworejo Gelar Program Police Goes to School

Jika Tidak Fit Mending Diantar atau naik Ojol Polres Purworejo Gelar Program Police Goes to School
Polres Purworejo saat menggelar program police goes to school di SMA Negeri 7 Purworejo pada Kamis (7/3).ISTIMEWA

KORAN MAGELANG DIGITAL – Pelajar di Purworejo diberikan sosialisasi terkait safety riding oleh Polres Purworejo dalam program police goes to school. Program tersebut bertujuan untuk menekan kecelakaan lalu lintas (lalin) di kalangan pelajar dan remaja.

Dalam kesempatan itu petugas kepolisian memberi imbauan terkait peraturan berlalu lintas. Sesuai peraturan yang diatur dalam UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Salah satunya terkait penggunaan helm SNI pada saat berangkat ke sekolah atau bepergian. Perilaku kecil tersebut dapat menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas.

“Juga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada pelajar di wilayah Kabupaten Purworejo,” kaat Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo dalam kegiatan di SMAN 7 Purworejo Kamis (7/3).

Untuk itu, dia berpesan kepada pelajar di Kabupaten Purworejo untuk mematuhi lalu lintas. Selain itu, kelengkapan surat dan sepeda motor juga harus diperhatikan. “Kalau kondisi badan tidak fit, jangan memaksakan diri naik motor. Lebih baik minta diantarkan orang tuanya atau naik ojek online,” imbau dia.

Kegiatan tersebut bersamaan dengan digelarnya Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024. Yakni, sebagai langkah preventif away pencegahan dari Satlantas Polres Purworejo. Mengingat, Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 mengedepankan preemtif, preventif, dan disertai gakkum yang humanis dan edukatif.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan memberikan edukasi kepada para pelajar terkait berkendara yang aman dan nyaman. “Aman dan nyaman itu harus berlaku untuk diri sendiri dan pengendara lain ataupun pejalan kaki. Dengan begitu, tidak ada yang dirugikan satu sama lain,” ujarnya.

Salah satu siswa SMA N 7 Purworejo Muhammad Rozi Lazuardi menyebut, sosialisasi yang diberikan oleh Polres Purworejo sangat bermanfaat. Sebab, dia menjadi tahu dan paham terkait peraturan lalu lintas. “Bagus, jadi punya pengetahuan dan tentang tata cara berkendara yang aman dan benar saat di jalan raya,” ujar siswa kelas 11 itu. (han/pra)

Lainnya

Exit mobile version