Neutron Yogyakarta

Rampcheck Semua Layak Hanya Penyimpangan Trayek

Rampcheck Semua Layak Hanya Penyimpangan Trayek
Proses tes Urine bagi pengemudi dan kru bus di Purworejo untuk menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, Senin (1/4) lalu di Terminal Tipe A Purworejo.ISTIMEWA

KORAN MAGELANG – Menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, pengemudi dan kru bus di Kabupaten Purworejo di tes urine. Selain itu, juga dilakukan uji kelayakan kendaraan atau rampcek pada bus.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Purworejo, Slamet Jiwantoro mengatakan, kegiatan tersebut telah dilakukan pada Senin (1/4) lalu. Adapun hasil dari rampcek ataupun tes kesehatan bagi pengemudi dan kru bus menunjukkan hasil baik.

“Total ada delapan bus yang kami rampcek. Semua laik jalan. Ada penyimpangan trayek tiga bus dan sudah kami berikan peringatan,” ungkapnya saat dikonfirmasi Selasa (2/4). Adapun bus yang disasar adalah bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Sedangkan, untuk kru atau pengemudi bus dilakukan cek kesehatan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo dan petugas Puskesmas Banyuurip. “Ada 60 orang sopir dan kru bus dan diperoleh hasil negatif narkoba,” ungkap dia.

Slamet menyampaikan, kegiatan tersebut dalam rangka persiapan masa angkutan Lebaran. Selain itu, sebagai langkah antisipasi agar masa angkutan Lebaran dapat berjalan dengan lancar dan aman. Sehingga, keselamatan penumpang ataupun pengendara lain dapat terjamin.

Diungkapkan, kegiatan tersebut bukan kali pertama, sebelumnya juga pernah ada rampcek gabungan untuk menyambut Lebaran tahun ini.

“Pada 29 Maret kami adakan rampcek gabungan dengan dishub dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas  II Jateng. Kemudian, 14 Maret lalu di lokasi pool Sumber Alam dan Terminal Tipe A Purworejo,” terang dia.

Sementara, tim rampcek Terminal Tipe A Purworejo juga selalu melakukan rampcek hampir setiap hari. “Karena kami harus melaporkan secara online ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” imbuh dia. (han/pra)

Lainnya