Neutron Yogyakarta

Sopir Bus Telat Injak Pedal Rem, Sebabkan Kecelakaan Karambol di Simpang Wojo

Sopir Bus Telat Injak Pedal Rem, Sebabkan Kecelakaan Karambol di Simpang Wojo
RINGSEK: Proses evakuasi mobil yang terlibat dalam kecelakaan karambol di Simpang Empat Wojo, Banguntapan, Bantul Rabu (5/4/23). Dalam kejadian ini, melibatkan satu bus dan tujuh mobil.ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Kecelakaan karambol yang melibatkan satu bus dan tujuh mobil terjadi di Simpang Empat Wojo, Banguntapan, Bantul Rabu (5/7/23). Penyebab kecelakaan diduga karena sopir bus telat menginjak pedal rem. Sehingga menabrak kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah.

Kepala Seksi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, kecelakaan bermula ketika mobil Innova Reborn bernomor polisi AB 1364 PX  yang dikendarai oleh Al Qomar Adi Iswanto, 42, menunggu lampu hijau di sisi timur Simpang Empat Wojo. Secara tiba-tiba, bus bernomor polisi DD 7888 MT yang dikendarai oleh Suroto, 47, langsung menyeruduk mobil tersebut.

Tabrakan itu membuat mobil yang dikendarai Al Qomar terdorong ke depan hingga menabrak kendaraan lain dan masuk ke jalur berlawanan. Total ada delapan kendaraan yang terlibat kecelakaan itu. Selain bus dan mobil yang dikendarai oleh Al Qomar, juga melibatkan Toyota Avanza AB 1691 HA yang dikendarai Sawal, 69. Serta Toyota Innova Reborn H 1772 GZ yang dikendarai Yonas Dedi Prasetyo, 37.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun Empat Kendaraan, Truk Sundul Mobil dan Motor, Lalu Tabrak Pikap

Lalu Toyota Innova Reborn bernopol AB 1379 OY yang dikendarai Suwarjito, 52; Isuzu Pickup AB 8738 AA yang dikendarai Budi Wasanto, 39; mobil Honda Freed AD 1293 CL yang dikendarai Girani Ayuningtyas; serta mobil Honda HRV yang dikemudikan oleh Yusup Priyo Hartono. Meskipun tidak ada korban jiwa, kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan berupa bodi depan dan belakang ringsek.

“Dari kejadian kecelakaan itu semua pengemudi kendaraan tidak ada yang mengalami luka-luka,” ujar Jeffry dalam keterangannya Rabu (5/7/23).

Sementara terkait dengan penyebab kecelakaan, mantan Kasi Humas Polres Kulonprogo itu menyebut, diduga karena bus yang dikemudikan oleh Suroto melaju dengan kecepatan tinggi. Lalu terlambat melakukan pengereman sehingga menabrak kendaraan lainnya.

Baca Juga: 19 Kecelakaan Laut Selama Libur Lebaran, Tiga Nyawa Melayang

“Sesuai keterangan saksi mata bus memang melaju dengan kecepatan tinggi, sudah berusaha mengerem namun mungkin karena jaraknya terlalu dekat maka menabrak kendaraan yang di depannya,” beber Jeffry. (inu/eno)

Lainnya