Neutron Yogyakarta

Tiga Siswa SMP Ciptakan Bata Cinta dari Sampah plastik

Tiga Siswa SMP Ciptakan Bata Cinta dari Sampah plastik
INOVATIF: Tiga siswa SMPN 12 Kota Jogja menunjukkan karyanya berupa Bata Cinta dari sampah plastik.ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Sampah plastik yang kerap kali menumpuk begitu saja, mampu disulap dengan kreatif oleh kelompok penelitian SMPN 12 Jogja. Ketiganya adalah Adira Putri Ramadhani, Nabila Talitha Athaya Wicaksono, dan Quaneisha Calya Sakhi. Mereka memanfaatkan sampah plastik dan minyak jelantah untuk dibuat menjadi bata.

Produk buatan ketiganya diberi nama Bata Cinta. “Kami beri nama Bata Cinta karena bentuk rasa cinta, rasa sayang kami terhadap lingkungan Kota Jogja,” ujar salah seorang anggota kelompok penelitian SMPN 12 Jogja Quaneisha kemarin (4/8).

Dia menjelaskan, hasil penelitiannya ini diawali atas rasa prihatin melihat lingkungan di Kota Jogja yang penuh sampah. Apalagi, penutupan TPST Piyungan beberapa waktu terakhir juga memunculkan timbunan sampah di beberapa titik.

Baca Juga: Targetkan Kelola Sampah Pakai Teknologi Baru Tahun 2024

Untuk menghasilkan satu Bata Cinta, diperlukan sebanyak 600 gram sampah plastik. Campurannya menggunakan minyak jelantah sebanyak 600 ml. “Langkah pertama minyak jelantah dipanaskan dalam wadah stainless steel. Lalu sampah plastik dimasukkan secara bertahap,” jelasnya.

Anggota kelompok penelitian lainnya, Adira Putri menambahkan, sampah plastik dan minyak jelantah dipanaskan hingga meleleh sepenuhnya, kemudian dicetak. Dari penelitian ini Bata Cinta memiliki daya serap 9,8 persen dan kuat tekan 21,09 kg/ cm persegi. “Bata plastik itu lebih cocok untuk bata non-struktural,” kata Adira. (isa/laz)

Lainnya