Neutron Yogyakarta

Untuk Tumbuhkan Rasa Kebersamaan ASN

Untuk Tumbuhkan Rasa Kebersamaan ASN
LATIH KEKOMPAKAN: Kemeriahan ASN pada lomba HUT ke-78 Republik Indonesia di Kompleks Balai Kota Jogja, Jumat (11/8/23).Alfi Annissa Karin/Radar Jogja

RADAR MAGELANG – Semarak hari ulang tahun kemerdekaan ke-78 RI terasa di lingkungan Pemkot Jogja. Seluruh OPD serempak menggelar lomba-lomba khas 17-an di Kompleks Balai Kota Timoho, Jumat (11/8/23). Mulai lomba estafet kardus, estafet spons, makan kerupuk, hingga lomba pecah air.

Salah satu OPD yang cukup riuh selama perlombaan adalah Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD). Salah seorang peserta Minakhul Wafiroh bersama lima rekannya memenangkan lomba estafet kardus. Bagi staf Pendaftaran dan Pendataan BKAD Kota Jogja ini, permainan estafet kardus memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Menuntut kekompakan dan kemampuan kerja sama. “Kesulitannya karena kerja sama harus bagus dan harus gesit saat memindahkan kardus. Masing-masing anggota berdiri di atas kardus. Dan tidak boleh keluar dari kardus. Kalau keluar akan didiskualifikasi,” katanya.

Ini merupakan kali ketiga baginya mengikuti lomba 17-an di lingkungan Pemkot Jogja. Menurutnya, selain ikut menyemarakkan HUT ke-78 RI, lomba-lomba semaca ini bisa meningkatkan keakraban satu sama lain.

Baca Juga: Peringati HUT Ke-78 RI, Bayar Pajak Bermotor Bebas Denda sampai 30 September

Usai memenangkan perlombaan estafet kardus dia dan timnya berhasil membawa pulang hadiah uang tunai Rp 1,8 juta. Hadiah ini nantinya akan dibagi pada semua anggota kelompok. “Kemungkinan untuk makan-makan saja. Atau kalau tidak ya untuk buat kaos ataupun tumblr,” katanya.

Kemeriahan juga tampak di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP). Penanggung jawab lomba 17-an Nini Yuniarti menjelaskan, rangkaian lomba telah dimulai sejak 4 Agustus lalu. Tak hanya diikuti pejabat ASN dan tenaga teknis, para pekerja swakelola juga turut ikut serta.

“Kami ingin menumbuhkan rasa kebersamaan dengan teman-teman yang ada di Dinas PUPKP. Pekerja swakelola kan selama ini sudah bekerja di lapangan biar ikut juga menyemarakkan HUT kemerdekaan RI kita ajak sama-sama untuk merayakan,” jelasnya.
PJ Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mengungkapkan, kemerdekaan bukanlah pemberian cuma-cuma. Kemerdekaan menjadi sebuag pencapaian yang harus terus dipertahankan. Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk terus menjaga semangat kemerdekaan. Utamanya dalam rangka menghadapi berbagai situasi dan tantangan.

Baca Juga: Petani dan Peternak Bakal Meriahkan Upacara HUT Ke-78 RI

“Saya berharap masyarakat juga punya cara masing-masing. Ada yang di tingkat RT, RW, kelurahan untuk bersama-sama menyemarakkan peringatan ulang tahun kemerdekaan kita yang ke-78 ini. Tentu saya berharap juga dengan semangat juang kemerdekaan ini kita bisa meningkatkan kedisiplinan, kesejahteraan, sehingga masyarakat di Kota Jogja semakij aman, nyaman, dan sejahtera,” ungkapnya. (isa/laz)

Lainnya