Neutron Yogyakarta

Rute Penerbangan Internasional di YIA Semakin Lengkap

Rute Penerbangan Internasional di YIA Semakin Lengkap
PERDANA: Suasana ketika keluarga melepas keberangkatan jemaah umrah dan saat penerbangan perdana YIA-JED-YIA di di Yogyakarta International Airport (YIA), Sabtu (12/8/23).ISTIMEWA

RADAR MAGELANG – Rute penerbangan internasional di Yogyakarta International Airport (YIA) di Temon, Kulon Progo kini semakin lengkap. Tidak hanya Malaysia dan Singapura, rute penerbangan langsung ke Jeddah – Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi (JED) juga sudah dibuka. Inagurasi yang ditandai dengan pelepasan jemaah umrah dilaksanakan Sabtu (12/8/23).

Acara ini dihadiri langsung PGS GM YIA PT Angkasa Pura I Misranedi, Direktur Human Capital PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Salman El Farisiy, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIJ Masmin Arif bersama kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jogjakarta dan stakeholder terkait lainnya.

Direktur Human Capital PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Salman El Farisiy mengatakan, layanan penerbangan langsung ke Jeddah ini merupakan layanan penerbangan umrah 1444 Hijriah pertama dari YIA dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Penerbangan perdana ini menggunakan pesawat Tipe A330-300 PK-GHA dengan nomor penerbangan GA 942, lepas landas pukul 11.05 membawa 216 orang jemaah umrah.

Baca Juga: Perhatikan Lima Pasti Umrah sebelum Pilih PPIU

“Penerbangan langsung YIA-JED-YIA ini akan dilayani satu kali seminggu, yakni setiap Sabtu. Harapannya, masyarakat Jogjakarta dan sekitarnya bisa lebih mudah dan nyaman, sebab lebih dekat dengan menggunakan penerbangan melalui YIA,” ucapnya.

PGS GM YIA PT Angkasa Pura I Misranedi menambahkan, sebelumnya dan sampai saat ini penerbangan umrah di YIA masih dilayani Batik Air melalui rute Kuala Lumpur. Sementara Garuda Indonesia menjadi yang pertama membuka penerbangan langsung dari YIA ke Jeddah. “Sisi fasilitas bandara kami siap, dan tentu kami menyambut baik penambahan rute-rute baru melalui YIA seperti rute YIA-JED-YIA ini,” katanya. (tom/din)

Lainnya