Neutron Yogyakarta

Kawasan UGM Bebas dari Kabel Melintang

Kawasan UGM Bebas dari Kabel Melintang
CEK LOKASI: General Manager Regional SBU Jawa bagian Tengah PLN Icon Plus Wahyu Setyabudi dan pekerja saat meninjau revitalisasi kabel fiber optic di kawasan UGM, Kamis (24/8). (IWAN NURWANTO/radar jogja)

RADAR MAGELANG – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Icon Plus telah melakukan revitalisasi kabel fiber optic sepanjang 1.600 meter di kawasan UGM. Berupa perubahan kabel udara menjadi kabel bawah tanah. Terhitung dari Jalan C. Simanjuntak, Terban, Kota Jogja sampai dengan Perempatan Jalan Teknika Utara, Kabupaten Sleman.

General Manager Regional SBU Jawa bagian Tengah PLN Icon Plus Wahyu Setyabudi mengatakan,  revitalisasi tersebut dilakukan untuk menunjang keamanan sekaligus meningkatkan estetika di kawasan UGM. Kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan di kabupaten Sleman. Setelah sebelumnya PLN Icon Plus melakukan kegiatan serupa pada beberapa titik di Kota Jogja.

Wahyu menjelaskan, revitalisasi itu juga merupakan bentuk dukungan PLN Icon Plus dalam penataan di wilayah kampus UGM. “Serta diharapkan dapat meningkatkan kehandalan layanan jaringan kepada para pengguna jasa jaringan internet milik PLN itu di wilayah DIJ,” jelasnya disela peninjauan proyek revitalisasi, Kamis (24/8).

Baca Juga: Hari Pertama Larangan Roda Dua Lewat Underpass Kentungan dan Jombor, Terpantau Sepeda Motor Masih Melintas

Ia menyatakan, revitalisasi kabel fiber optic PLN Icon Plus itu berjalan selama dua bulan. Terhitung dari pertengahan Juli kemarin dan selesai pada pertengahan Agustus ini. Melalui kegiatan itu juga diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan yang terjadi akibat kabel menjuntai. Dengan penanaman kabel fiber optic di bawah tanah dapat meminimalisir terjadinya putus kabel yang diakibatkan oleh kendaraan berdimensi besar. “Dan dapat mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh kabel fiber optic yang menjuntai ke jalan raya,” ujar Wahyu.

Sementara itu, Koordinator Bidang Instalasi Listrik Air dan Lingkungan Hidup UGM Ratmiyanta menilai, kegiatan yang dilakukan oleh PLN Icon Plus cukup berdampak positif bagi UGM. Sebab, untuk saat ini UGM memang tengah melakukan penataan wajah kampus.

Ratmiyanta menyebut, merubah utilitas kabel listrik dan fiber optic yang selama ini menggantung di udara menjadi dibawah tanahkan juga merupakan salah satu bagian dari program penataan. Sehingga pihaknya pun sangat mendukung revitalisasi yang sudah dilakukan perusahaan tersebut.”Kami rasa dukungan PLN Icon Plus cukup luar biasa, sebelum kita tata sudah ditata dulu,” katanya. (inu/pra)

Lainnya