Neutron Yogyakarta

Perkuat Ikatan Emosional lewat Lomba Mewarnai

Perkuat Ikatan Emosional lewat Lomba Mewarnai
KERJA SAMA: Orang tua saat mendampingi anak dalam lomba mewarnai di GOR Amongrogo Jogja kemarin (28/8). (HERPRI YANTO/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – Ribuan anak TK se-Kota Jogja mengikuti lomba mewarnai dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2023. Berbeda dari biasanya, lomba ini melibatkan orang tua dalam proses mewarnai.

Hal ini diharapkan untuk menumbuhkan kerja sama dan ikatan emosional antara orang tua dan anak. “Iya, menumbuhkan bonding, ikatan emosional. Sebenernya ini untuk jalinan ikatan emosional antara orang tua dan anak, di mana orang tua tidak selalu bisa mendampingi anak-anak pada proses belajar,” ujar Pj Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Jogja Atik Wulandari di GOR Amongrogo Jogja kemarin (28/8).

Atik menilai, ada anak yang kedua orang tuanya bekerja. Maka adanya kegiatan ini, salah satu di antaranya harus datang dan mengikuti lomba bersama anaknya.

“Untuk momen kali ini kita ingin ada sinergi antara orang tua dan anak. Walaupun nanti di rumah ada kedekatan tapi ini suasana berbeda, dua-duanya termotivasi,” jelasnya.

Atik menyebut, setidaknya ada 1.001 anak dan 1.001 pendamping yang mengikuti kegiatan tersebut. “Selain menumbuhkan bonding, juga meningkatkan kreativitas dan bakat anak,” tambahnya.

Sementara itu, juara 1 diraih oleh Ramadhan Attar Herpriputra dari TK Pamardi Putra Keparakan Kidul, Keparakan, Mergangsan. “Jadi ini lombanya menarik berbeda dengan lomba pada umumnya karena melibatkan orangtua jadi karyanya itu perpaduan kerjasama anak dan orangtua,” ujar ayah Ramadhan Attar, Herpri Yanto.

Herpri menyebut, sebelum lomba, anak dan orang tua juga diminta untuk berpelukan. “Pelukan dulu mempererat kerja sama saat mewarnai,” katanya. (lan/eno)

Lainnya

Exit mobile version