Neutron Yogyakarta

Untuk Tingkatkan Budaya Tertib Lalu Lintas, Polda DIJ Mulai Gelar Operasi Zebra Progo 2023

Untuk Tingkatkan Budaya Tertib Lalu Lintas, Polda DIJ Mulai Gelar Operasi Zebra Progo 2023
MELANGGAR: Pengendara sepeda motor melintas di atas trotoar dan melawan arah di Jalan Suroto, Kotabaru, Kota Jogja, kemarin (4/9). (Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Operasi Zebra Progo 2023 Polda DIJ telah dimulai kemarin (4/9). Dalam pelaksanaannya akan mengedepankan penegakan hukum secara elektronik dan teguran simpatik.

Wakapolda DIJ Brigjen Pol Slamet Santoso mengatakan, operasi Zebra Progo 2023 dilaksanakan selama 14 hari. Mulai 4 sampai 17 September 2023 dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Menurutnya, konsep operasi kali ini mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan didukung pola penegakan hukum secara elektronik dan teguran simpatik. Operasi melibatkan 980 personel Polda DIJ dan jajaran.

“Sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan serta pelanggaran lalu lintas,” katanya kemarin (4/9).

Operasi Zebra Progo 2023 juga berlangsung di wilayah hukum Polresta Jogja. Kapolresta Jogja Kombes Pol Saiful Anwar mengingatkan agar para pengendara melengkapi surat-surat kendaraannya dan untuk mematuhi aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan.

“Operasi Zebra 2023 ini dilakukan guna menciptakan suasana keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang kondusif menuju Pemilu Damai 2024,” ucapnya.

Selain itu, operasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas masyarakat Indonesia. Dengan begitu dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, dan jumlah fatalitas korban kecelakaan. (cr3/laz)

Lainnya