Neutron Yogyakarta

Revitalisasi Taman Denggung Telan Anggaran Rp 5 M

Revitalisasi Taman Denggung Telan Anggaran Rp 5 M
IWAN NURWANTO/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Pemkab Sleman tengah melakukan revitalisasi Taman Denggung. Proyek tersebut diketahui menelan anggaran sebesar Rp 5 miliar dan ditarget selesai akhir tahun.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman Epiphana Kristyani mengatakan, anggaran Rp 5 miliar itu dialokasikan untuk revitalisasi tiga titik Taman Denggung. Meliputi revitalisasi taman segitiga tempat patung Raden Ronggo Prawirodirjo III berdiri, taman layak anak di Lapangan Denggung, dan separator atau pembatas jalan di depan Sleman City Hall (SCH).

Epiphana menyebut, proyek revitalisasi Taman Denggung itu direncanakan selesai dalam kurun waktu tiga bulan atau hingga awal Desember mendatang. Adapun konsepnya berupa revitalisasi taman untuk mempercantik ruang publik pada kawasan perkotaan di Kabupaten Sleman.

“Konsepnya nantinya kami buat lebih berwarna, hijau, dan asri. Serta agar kesannya tidak gelap. Masa kawasan kabupaten kota gelap,” ujar Epiphana kemarin (11/9).

Di samping fungsi utamanya sebagai ruang publik bagi masyarakat, nantinya juga akan diberikan ciri khas Kabupaten Sleman. Sehingga harapannya bisa menjadi penanda bagi pengguna jalan kalau telah memasuki Kabupaten Sleman.

Dari pantauan Radar Jogja, proses pengerjaan masih berada di sekitar patung Raden Ronggo Prawirodirjo III. Sedangkan pohon perindang di jalur lambat depan SCH juga mulai dilakukan.

Epiphana menyebut, penebangan pohon perindang dilakukan karena ada dari beberapa pohon yang memiliki getah beracun. Untuk selanjutnya, akan dilakukan penggantian pohon. “Besok kami percantik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu warga Sleman Nur, 28, mendukung revitalisasi Taman Denggung. Karena menurutnya ruang publik apalagi yang berada di tengah kota harus dipercantik.

Dia pun menilai, kalau kawasan taman bermain anak-anak di Lapangan Denggung juga sudah saatnya untuk diperbaiki. Sebab selama ini ruang bermain anak yang letaknya di belakang pos polisi Denggung itu terkesan tidak terawat.

“Jelas sangat mendukung kalau untuk mempercantik ruang publik, apalagi untuk anak-anak,” tegasnya. (inu/eno)

Lainnya