Neutron Yogyakarta

Wujudkan Kawasan Bandara Ramah Lingkungan

Wujudkan Kawasan Bandara Ramah Lingkungan
UJI EMISI: Kendaraan operasional di lingkungan YIA saat dilakukan uji emisi oleh DLHK DIJ di halaman Graha Angkasa Pura I YIA, kemarin (30/10). HENDRI UTOMO/ radar jogja

KULON PROGO – Ratusan kendaraan dinas dan operasional di lingkungan Yogyakarta International Airport (YIA) menjalani uji emisi, kemarin (30/10). Kegiatan ini dilaksanakan PT Angkasa Pura (AP) I menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIJ. Uji emisi dilakukan di halaman Graha Angkasa Pura I YIA untuk kendaraan sisi darat dan di Gedung Sub Station ARFF untuk kendaraan sisi udara.”Uji emisi ini baru kali pertama kami lakukan selama YIA beroperasi, sasarannya seluruh kendaraan dinas dan operasional, tujuannya mewujudkan kawasan bandara yang ramah lingkungan,” ucap PGS General Manager PT AP I YIA Misranedi.

Dijelaskan, total ada 182 unit kendaraan yang dilakukan uji emisi dan didominasi kendaraan roda empat berbahan bakar solar sebanyak 119 unit, roda 4 bensin sebanyak 58 unit, dan 5 unit sepeda motor. Kendaraan-kendaraan tersebut biasa digunakan untuk kegiatan operasional YIA maupun PT AP I.”Kendaraan yang kami uji emisi ini biasa digunakan di sisi udara (airside) dan sisi darat (land side).,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga untuk menginventarisasi kendaraan dinas dan operasional di lingkungan YIA. Memastikan seluruhnya patuh terhadap Baku Mutu Emisi sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 8 Tahun 2021. “Kami terus mengampanyekan gerakan hemat energi di lingkungan YIA. Kegiatan ini bertepatan dengan peringatan Hari Energi Sedunia 22 Oktober lalu,” ujarnya.

Kepala Balai Laboratorium Lingkungan DLHK DIJ Reni Anggraeni menambahkan, uji emisi kendaraan dilakukan menggunakan alat khusus, kendaraan yang lolos uji emisi akan diberi stiker sebagai penanda. Pihaknya memberikan rekomendasi bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Rekomendasinya berupa perbaikan terhadap kendaraan tersebut. “Uji emisi ini penting, guna memastikan emisi kendaraan tidak mencemari lingkungan,” imbuhnya. (tom/din)

Lainnya

Exit mobile version