Neutron Yogyakarta

Perahu Nelayan Pantai Congot Karam Dihantam Gelombang

Perahu Nelayan Pantai Congot Karam Dihantam Gelombang
KARAM: Kondisi perahu Harapan Jaya usai karam saat gagal mendarat di pantai Congot, Temon, Kulon Progo.DOK SRI WIL V KP

RADAR MAGELANG – Kecelakaan laut terjadi di wilayah perairan Pantai Congot, Kapanewon Temon, Kulon Progo, Kamis (2/11). Perahu nelayan gagal mendarat dan karam setelah dihantam gelombang dari belakang. Satu nelayan harus dilarikan ke rumah sakit.

“Insiden terjadi pukul 05.15. Perahu nelayan Harapan Jaya berikut tiga orang nelayan karam setelah diterjang gelombang,” ucap Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo Aris Widiatmoko.

Dijelaskan, tiga nelayan itu adalah Arip, 20, warga Kalurahan Sindutan, Kapanewon Temon sebagai tekong., Aping, 45, warga Kokap dan Wardoko, 35, warga Temon sebagai anak buah kapal (ABK).”Kecelakaan terjadi saat perahu hendak mendarat, kapal tersebut berangkat melaut Rabu (1/11) sore sekitar pukul 16.00 untuk berburu ikan. Paginya bermaksud kembali ke Pantai Congot, namun saat mendarat, perahu dihantam gelombang dari belakang,” jelasnya.

Baca Juga: HUT Ke 64, PP Kulon Progo Bersih-Bersih Pantai

Ditambahkan, perahu karam setelah terisi air pasca dihantam gelombang dari belakang, beruntung posisinya sudah dekat dengan tubir pantai. Petugas SAR yang berada tak jauh dari lokasi kejadian langsung memberikan pertolongan (evakuasi). Tiga nelayan berhasil diselamatkan.”Hanya Wardoko yang mengalami lemas dan harus dilarikan ke RSUD Wates menggunakan ambulans. Hasil tangkapan ikan hilang. Akibat insiden tersebut, perahu patah pada bagian lambung, kedua katirnya juga patah,” imbuhnya.

Adik Wardoko, Binti Rohana mengungkapkan, kakaknya berangkat melaut Rabu (1/11) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Kemudian bermalam di laut dan pulang Kamis (2/11) pagi. Sang kakak ikut turun melaut untuk berburu ikan tongkol. (tom/din)

Lainnya