Neutron Yogyakarta

Untuk Uji Kompetensi dan Pemahaman Siswa, MGMP PAK Gelar Cerdas Cermat Alkitab SMP se- Gunungkidul

RADAR MAGELANG – Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (MGMP PAK) jenjang SMP di Kabupaten Gunungkidul meyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Alkitab (LCCA) di SMPN 1 Karangmojo. Lomba bertajuk ‘Menjalin Relasi dan Raih Prestasi untuk Mencerdaskan Generasi Muda Kristen’.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Faqih Shomadi mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, selain bertujuan kompetisi, juga untuk mengetahui kompetensi siswa supaya lebih bersemangat dalam belajar dan berfungsi juga untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Alkitab siswa.

Kegiatan LCCA PAK juga dinilai dapat menambah pengetahuan agama Kristen. Dan nantinya dapat diaplikasikan siswa di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, sebagai bagian dari pengembangan diri “Pada era ini kita ditantang untuk mampu mengembangkan diri dengan memiliki kompetensi, seperti berpikir kritis, kreatif, kemampuan literasi, menguasai IT, keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berkolaborasi sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila,” paparnya.

Baca Juga: Sungguh Mengenaskan, Seorang Kakek Tewas Usai Terjebak Kebakaran Lahan di Gunungkidul

Faqih juga menilai LCCA bisa menambah teman dan relasi. Sehingga silaturahmi tetap terjalin. Kegiatan juga sekaligus menunjukkan kepedulian para peserta terhadap iman dan pengetahuan keagamaan. Di tengah banyak banyaknya orang yang tidak peduli tentang iman dan tidak tahu pengetahuan agamanya.“Kegiatan LCCA PAK ini hendaknya menjunjung sportivitas, kejujuran dan keadilan. Menang atau kalah bukan masalah, yang penting adalah partisipasi peserta dalam kepedulian terhadap iman dan gereja,” ujarnya.

Ketua MGMP sekaligus Ketua Panitia Linawatiningsih mengatakan acara bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang Alkitab. Senada, juga untuk menjalin persaudaraan dan berbagi pengetahuan tentang iman Kristen. Kegiatan ini diikuti oleh 16 tim jenjang SMP se-Kabupaten Gunungkidul.

Hasilnya juara I diraih tim CCA dari SMPN 2 Panggang terdiri dari Yohanes Indra Putrantoro, Putri Kineta Nathania, dan Angelita Kristi. Juara II dari SMPN 1 Tepus terdiri dari Elisabet Cinta Clara Puspitasari, Yafet Tegar Yudita, Obed Lintang Febrian. Sedangkan Juara III dari SMPN 4 Patuk terdiri dari Widyanita Haristiyani, Aprilia Atikasari, Voctor Rafael. (lan/din).

Lainnya