Neutron Yogyakarta

Tiga Siswa MAN 1 Kulon Progo Ikuti Kuliah Umum Sejarah Politik

Tiga Siswa MAN 1 Kulon Progo Ikuti Kuliah Umum Sejarah Politik
PENGALAMAN: Kuliah Umum Sejarah Politik di Aula IKIP PGRI Wates belum lama ini.Dok MAN 1 Kulon Progo 

RADAR MAGELANG – Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kulon Progo mengikuti kuliah umum Sejarah Politik. Kuliah umum diselenggarakan oleh IKIP PGRI Wates, menghadirkan Prof David Reeve, peneliti di University Of South Wales Australia.

Kepala MAN 1 Kulon Progo Muhammad Wahdan Zani mengatakan pentingnya belajar sejarah bagi generasi muda. Dengan keikutsertaan siswanya, diharapkan bisa mengambil pelajaran dari masa lalu, untuk menjalani masa depan yang lebih baik. “Sejarah adalah sarana terbaik untuk kita belajar tentang apapun yang pernah terjadi,” ujarnya, Minggu (5/11).

Baca Juga: Andalkan Kekuatan Koalisi Gemuk, KIM Kulon Progo Optimistis Menangkan Prabowo-Gibran

Prof David Reeve dalam kuliahnya memaparkan transformasi sistem politik Indonesia. Mulai tahun 1950 hingga pasca reformasi yang mengalami banyak perubahan. Terutama dalam sistem politik kepartaian, mulai dari sistem partai politik tunggal, multi partai dengan penyederhanaan menjadi tiga partai hingga pasca reformasi yang kembali menjadi multi partai.

Guru Sejarah MAN 1 Kulon Progo Angga Sandiyanto mengatakan pentingnya kuliah umum bagi siswa. Sebab dapat menjadi sarana mempelajari sejarah yang kemudian dapat dikembangkan oleh generasi penerus. Agar generasi muda bisa cerdas terutama dalam berpolitik. “Untuk mengembangkan menjadi lebih baik dari yang sebelumnya, tanpa menghilangi sejarah dari aslinya,” ujarnya. (lan/din).

Lainnya

Exit mobile version