Neutron Yogyakarta

Minim Anggaran, Program CDF Hanya Dilaksanakan Sebulan

Minim Anggaran, Program CDF Hanya Dilaksanakan Sebulan
Marjanto, car free day (CFD), Pemkab Sleman, Dinas Perhubungan (Dishub)

RADAR MAGELANG – Pemkab Sleman melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mulai menjalankan program car free day (CFD) sepekan sekali. Sayangnya, program yang dampaknya cukup positif itu hanya dilaksanakan pada November saja. Lantaran keterbatasan anggaran.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Sleman Marjanto mengatakan, kegiatan CFD hanya dilaksanakan empat kali. Tepatnya pada Minggu dari pukul 06.00-10.00 di Lapangan Pemda Sleman.

Menurut Marjanto, program CFD hanya dilaksanakan bulan ini saja karena keterbatasan anggaran. Sehingga untuk bulan-bulan berikutnya, kegiatan yang membebaskan kendaraan bermotor itu dipastikan tidak digelar kembali.

Baca Juga: Rawan Kerumunan, CFD Belum Akan Diaktifkan Lagi

“Di bulan selanjutnya tidak ada (CFD). Anggaran cuma empat kali saja,” tegas Marjanto Selasa (7/11).

Dalam pelaksanaan CFD di Kabupaten Sleman itu, Marjanto membeberkan, pihaknya juga menerapkan rekayasa lalu lintas. Di antaranya penutupan arus lalu lintas arus lalu lintas dari dan menuju Jalan Parasamya. Dimulai dari simpang tiga Jalan Parasamya (depan kantor Bappeda) hingga simpang tiga Jalan Candi Gebang (samping kantor Dinas Ketenagakerjaan).

Kemudian juga penutupan simpang tiga Candi Gebang (depan Rumah Dinas Bupati) untuk anus lalu lintas dari dan ke menuju Jalan Roro Jonggrang. Serta penutupan simpang tiga Roro Jonggrang untuk arus lalu lintas dari dan ke Jalan Candi Gebang.

Baca Juga: Berharap CFD Digelar Setiap Minggu

“Sementara kantong-kantong parkir kami sediakan di perkantoran yang berdekatan dengan Lapangan Pemda Sleman,” beber Marjanto.

Sementara itu, salah satu warga Sleman, Sari menyambut baik program CFD di Kabupaten Sleman. Sebab menurutnya masyarakat memang perlu satu hari tanpa kendaraan. Agar bisa melakukan kegiatan seperti olahraga. “Sayang sekali kalau hanya dilaksanakan di bulan November, menurut saya perlu dirutinkan,” harapnya. (inu/eno)

Lainnya

Exit mobile version