Neutron Yogyakarta

Berikan Rasa Aman dan Minimalisasi Kriminalitas

Berikan Rasa Aman dan Minimalisasi Kriminalitas
TUGAS: Sejumlah anggota Polwan Polres Bantul melakukan patroli di salah satu pasar di Bantul. (Dok. Humas Polres Bantul)

RADAR MAGELANG – Polisi wanita (Polwan) Polres Bantul melakukan peran fungsi menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Mereka terjun langsung ke masyarakat untuk menciptakan Kamtibmas. Kehadiran mereka ini diharapkan mampu mencegah kriminalitas dan gangguan Kamtibmas.

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta mengatakan, sasaran patroli adalah tempat ibadah, perbankan, toko emas, pusat keramaian, supermarket, dan pasar. Tidak hanya mobile saja, namunm juga melakukan dialogis.”Patroli di antaranya dilakukan sedang ada kegiatan peribadatan Salat Jumat. Pada momen itu, para laki-laki muslim melaksanakan ibadah,’’ jelasnya.

Kegiatan patroli ini sebagai tindak lanjut dalam mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas. Para Polwan tetap menampilkan sisi humanis saat melaksanakan patroli. Mereka berkeliling secara mobile menyisir jalanan dan berhenti pada lokasi tempat ibadah dan objek vital.

Polwan senior Kompol Sri Basariah menjelaskan, patroli setiap hari Jumat ini selain untuk mengantisipasi segala kerawanan kejahatan, juga memberikan kesempatan dan kenyamanan kepada polisi laki-laki muslim untuk beribadah. Patroli ini rutin dilakukan setiap Jumat sebagai wujud pelayanan Polri terhadap masyarakat. “Agar situasi kamtibmas tetap kondusif sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman,” terangnya.

Dia berharap kepada para Srikandi Polres Bantul, dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Menurutnya, tugas ini sangat bernilai ibadah karena mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. (rul/din)

Lainnya

Exit mobile version