Neutron Yogyakarta

Dugaan Kasus Pelecehan Seksual, Dekan FMIPA UNY: Investigasi Cyber Polda DIY

Dugaan Kasus Pelecehan Seksual, Dekan FMIPA UNY: Investigasi Cyber Polda DIY
SELIDIKI: Polda DIY. (Dok Istimewa)

RADAR MAGELANG – Dugaan pelecehan seksual di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY mencuat di media sosial X (dahulu Twitter). Unggahan akun @UNYmfs menyebut ada dugaan pelecehan seksual. Namun, saat ini unggahan sudah dihapus.

Dekan FMIPA UNY Prof Dadan Rosana mengatakan dugaan kasus pelecehan seksual sedang diproses. Sesuai dengan proses tahapan penyelesaian kasus dan indikasi dugaan fitnah maupun hoaks, maka pihaknya bekerja sama dengan Polda DIY.

“Untuk memastikan apakah benar terjadi kasus pelecehan ataukah hoaks ataupun indikasi fitnah, maka yang mampu menelusuri lewat investigasi cyber adalah Polda (DIY) yang secara pro aktif bekerjasama dengan kami,” tegasnya, Minggu (12/11/2023).

Baca Juga: Dekanat FMIPA UNY Lakukan Investigasi, Telusuri Cuitan @UNYmfs

Atas indikasi fitnah, pelaku terduga sudah melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib. Pelaku terduga pelecehan seksual didampingi kuasa hukumnya. Sementara yang mengaku sebagai korban sejauh ini belum ada tindaklanjutnya karena masih belum diketahui.

“Bagi kami FMIPA apa pun hasilnya kita ambil hikmahnya. Sehingga kalaulah ada kasus-kasus semacam itu di MIPA, maka mudah-mudahan bisa terungkap sehingga bisa segera korban mendapatkan perlindungan,” jelasnya.

“Demikian pula kalau itu ada indikasi hoaks atau fitnah, biarlah aparat yang mengungkap,” imbuhnya.

Baca Juga: UNY Gandeng 15 PT di Indonesia, Kerjasama Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Diketahui, dugaan pelecehan seksual di lingkup FMIPA UNY sudah viral di media sosial maupun media . Prof Dadan menyebut, sebelumnya pada Jumat (10/11/2023) pelaku terduga sudah memberikan konfirmasi ke media, didampingi dekanat.

“Mudah-mudahan apa pun hasilnya adalah pembelajaran bagi kita untuk lebih mengenali potensi kekerasan seksual di kalangan mahasiswa,” ujarnya.

“Dan atau sekaligus memberi peringatan kehatihatian penggunaan medsos agar tidak terkenan kejahatan cyber yang melanggar UU ITE,” lanjutnya.

Baca Juga: Satpol PP Koordinasi Hasil Klarifikasi, DPUPKP Sisir SAL Agar Limbah Minyak Tidak Meluap Lagi

Sebelumnya, unggahan akun @UNYmfs yang viral dijagad maya menyebut ada dugaan pelecehan seksual. Namun saat ini unggahan sudah dihapus.

Unggahan tersebut juga disertai foto tangkapan layar. Berisi percakapan melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp yang dinilai tidak senonoh.

“Aku ga nyangka kuliah di /UNY malah direndahin kaya gini… Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udh dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang,” tulis akun @UNYmfs, Jumat (10/11/2023). (lan/amd)

Lainnya

Exit mobile version