Neutron Yogyakarta

Dekranasda Fest 2023 untuk Kemajuan Industri Kreatif

Dekranasda Fest 2023 untuk Kemajuan Industri Kreatif
GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jogja berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Jogja menggelar Dekranasda Fest 2023. Kegiatan yang digelar di Galeria Mal ini akan berlangsung sejak Selasa (14/11) hingga 19 November mendatang.

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kreatifitas bagi pelaku industri kreatif di Jogja. Sebanyak 45 peserta pelaku industri kreatif ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka memamerkan produk kerajinan, fesyen, dan kuliner.

Ketua Dekranasda Kota Jogja Atik Wulandari mengatakan tema yang diangkat dalam pameran ini adalah sentuhan karya Jogja menginpirasi dunia. Tujuan utamanya mendorong semangat kewirausahaan bagi pelaku usaja. “Produk kerajinan sangat berpotensi menjadi sumber penghasilan masyarakat,’’ jelasnya.

Baca Juga: Dinkop UKM Dampingi Pembuatan Akun Toko Daring Digitalisasi UKM, Solusi Menjawab Tantangan Zaman

Penjabat Wali Kota Singgih Raharjo menyampaikan gelaran kali ini efektif, karena diselenggarakan di pusat perbelanjaan. Tidak perlu susah payah untuk mengajak orang datang, karena mal ini sudah ramai pengunjungnya. Singgih Raharjo juga mengajak pengunjung untuk ikut membeli produk yang sedang dipamerkan guna menambah semangat penjual bahwa barang daganganya bisa dikonsumsi pembeli. “Jadilah Rojali rombongan jadi beli.

Bukan Rohali, rombongan hanya lihat,’’ujarnya.
Boni Tri Utomo dari Nostra Galeri yang merupakan salah satu peserta pemaran. Nostra Galeri merupakan usaha yang memproduksi pakaian dengan tema eco print. Ia mengangkat ecoprint karena produknya ramah lingkungan. “Proses produksinya alami, tidak menggunakan warna sintetis,” terangnya. (cr5/din)

Lainnya