Neutron Yogyakarta

Pemkab dan Polres Kulon Progo Inisiasi Gerakan Menanam Pohon

Pemkab dan Polres Kulon Progo Inisiasi Gerakan Menanam Pohon
PENGHIJAUAN: Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati menanam bibit pohon pucuk merah di Kompleks Stadion Cangkring Wates, Rabu (15/11),HENDRI UTOMO/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Pemkab dan Polres Kulon Progo menanam ribuan bibit pohon di Kompleks Stadion Cangkring Wates, Rabu (15/11/23). Ada beberapa jenis pohon yang ditanam, diantaranya sengon, pucuk merah, dan buah-buahan.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati mengatakan, kegiatan ini bagian dari program penanaman 10 juta pohon yang tengah digalakkan Polri bersama pemerintah. Ada 2.800 bibit pohon yang ditanam di Kulon Progo.

Baca Juga: Dalam 18 Hari, Tiga Hiu Tutul Mati di Kulon Progo, DKP Perkirakan Penyebabnya Anomali Cuaca karena Tak Ditemukan Luka

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, pelestarian lingkungan memang butuh langkah kolaboratif .Pemilihan bibit juga dinilai tepat, semuanya termasuk tahan terhadap segala kondisi cuaca. “Tanaman buahnya juga dipilih yang mampu produksi sepanjang tahun,” katanya.

Menurutnya, penanaman pohon juga penting untuk mencegah bencana longsor dan sebagai tangkapan air sehingga saat musim kemarau krisis air bersih bisa diminimalisasi. Penanaman di kompleks Stadion Cangkring juga cocok untuk perindang. Namun ia berharap,bibit pohon yang sudah ditanam harus dirawat dengan baik. (tom/din)

Lainnya