Neutron Yogyakarta

Profesi Anti-Teror Dikenalkan pada Siswa

Profesi Anti-Teror Dikenalkan pada Siswa
FOKUS: Siswa SD Masjid Syuhada saat menyimak pemaparan dari anggota Korps Brigade Mobile sebagai satuan elit Polri pada Career Day Selasa (21/11).WULAN YANUARWATI/RADAR JOGJA 

RADAR MAGELANG – Sekolah Dasar (SD) Masjid Syuhada menyelenggarakan Career Day yang diikuti seluruh siswa. Kegiatan bertujuan memperkenalkan beragam profesi. Termasuk mendatangkan Korps Brigade Mobile sebagai pasukan anti-teror.

Ketua Komite SD Masjid Syuhada Evi Widowati mengatakan, profesi satuan elit Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi itu tidak familiar di kalangan masyarakat. Namun memiliki tugas yang tergolong penting.

“Materinya antara lain yaitu terkait dengan apa itu definisi teror dan ruang lingkup aksi teror, termasuk cyber. Apa itu pasukan anti-teror, apa tugas dan peran pasukan ini,” ujarnya Selasa (21/11).

Baca Juga: Kecam Aksi Teror Molotov, Dorong Polisi Bekerja Profesional

Siswa, juga dikenalkan dengan alat pelindung diri (APD) yang dikenakan oleh pasukan anti-teror. Begitu juga dengan fungsi dan bahaya gas air mata. “Dan kendaraan seperti apa yang digunakan oleh pasukan ini lengkap dengan fungsinya termasuk water cannon,” jelasnya.

Para siswa juga diajari apa yang harus dilakukan ketika dalam keadaan darurat. Baik bencana alam dan non-alam, serta bencana sosial. Mereka juga diberi kesempatan berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan para profesional.

“Fungsinya juga mendorong siswa untuk memiliki cita-cita dan mimpi yang besar dan mengembangkan visi masa depan mereka,” harapnya.

Baca Juga: Cegah aksi teror, Pemerintah Perkuat Resistensi Masyarakat

Dia berharap, kegiatan dapat mengenalkan nilai-nilai keselamatan, dan keamanan sejak dini. Selain itu diharapkan anak mampu melakukan upaya yang tepat saat dalam kondisi mengancam keselamatannya. (lan/eno)

Lainnya