Neutron Yogyakarta

Ratusan Kotak Suara Rusak Belum Diganti 

Ratusan Kotak Suara Rusak Belum Diganti 
Ilustrasi Logistik KPU

RADAR MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman memastikan kotak suara yang diterima dalam keadaan rusak belum dilakukan penggantian. Penyelenggara pemilu itu juga belum dapat memastikan kapan kotak suara baru akan dikirim.

Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum dan Logistik KPU Sleman Meirino Setyaji mengatakan, pada awal Oktober lalu pihaknya menerima 17.319 kotak suara. Dari jumlah tersebut ada sebanyak 103 yang kondisinya rusak ketika sampai di gudang KPU Sleman.

Rino, sapaanya mengaku, sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi terkait penggantian. Namun ada kemungkinan penggantian kotak suara baru akan dilakukan setelah penyaluran logistik ke seluruh DIJ selesai. “Gunungkidul belum menerima (kotak suara, Red) soalnya,” ujar Rino kepada Radar Jogja Selasa (21/11).

Baca Juga: Ratusan Kotak Suara Rusak di Sleman Belum Dilakukan Penggantian, Ini Penjelasan KPU Sleman…

Dia membeberkan, kerusakan kotak suara saat diterima pihaknya juga beragam. Mulai dari kotak suara robek sebagian, tergores, hingga kertas duplex rusak atau tidak dapat digunakan.

Rino menyebut, usai dilakukan penggantian kotak suara yang rusak nantinya juga akan dilakukan tindakan. Kemungkinan besar akan ditarik kembali oleh KPU DIJ atau pusat. Sementara jika tidak diambil, maka kotak suara akan dimusnahkan. “Kami menunggu instruksi dari KPU DIJ,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sleman Ahmad Baehaqi menuturkan, beberapa logistik memang sudah diterima di antaranya kotak suara berjumlah 17.319 buah, tinta 6.914 botol, bilik suara 13.828 buah, dan kabel ties 89.882 buah. “Yang belum adalah surat suara dan dukungan perlengkapan lainnya,” ungkap Baehaqi. (inu/eno)

Lainnya