Neutron Yogyakarta

Pengawas Emban Misi Kawal Integritas Pemilu, Bawaslu Gunungkidul Gelar Apel Siaga, Libatkan Panwascam dari 18 Kapanewon

Pengawas Emban Misi Kawal Integritas Pemilu, Bawaslu Gunungkidul Gelar Apel Siaga, Libatkan Panwascam dari 18 Kapanewon
KOMITMEN - Plh Ketua Bawaslu Kabupaten Gunungkidul Retnoningsih memimpin apel siaga pengawasan Pemilu di lapangan Karangrejek, Wonosari Kamis (23/11).

RADAR MAGELANG – Menjelang masa kampanye Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya, menyiapkan jajaran untuk melakukan pengawasan. Hal ini ditandai dengan apel siaga pengawasan Pemilu di lapangan Karangrejek, Wonosari.”Keberhasilan kita untuk mencapai Indonesia Emas 2045 sangat tergantung pada keberhasilan kita dalam menyelenggarakan pemilu pada saat ini,” kata Plh Ketua Bawaslu Kabupaten Gunungkidul Retnoningsih dalam apel siaga, Kamis (23/11).

Di hadapan anggota panwaslucam di 18 kapanewon, dia mengatakan untuk mewujudkan pemilu berkualitas dan berintegritas diperlukan totalitas dalam pelaksanaan pengawasan. “Pengawas pemilu hadir mengemban misi mengawal integritas pemilu,” ujarnya.

Berkomitmen mencegah terjadinya pelanggaran, menutup peluang terjadinya pelanggaran lewat peningkatan efektivitas pengawasan serta meningkatkan profesionalitas dalam penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses Pemilu.”Untuk menjalankan tugas itu pengawas pemilu dituntut mampu bekerja secara profesional, independen dan imparsial,” jelasnya.

Baca Juga: Pengawas Emban Misi Mengawal Integritas Pemilu, Bawaslu Gunungkidul Gelar Apel Siaga

Retno mengingatkan, tahapan kampanye Pemilu 2024 akan dimulai pada 28 November. Tahapan ini sangat rawan terjadinya pelanggaran bersifat masif dengan melibatkan aktor yang sangat banyak dan beragam serta dengan modus semakin ‘canggih’.”Selalu terjadi perubahan modus pelanggaran yang semua itu ditujukan untuk berkelit dari jeratan hukum dan terlacak oleh pengawas pemilu,” tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Gunungkidul untuk terus meningkatkan kapasitas dan profesionalitas dalam pelaksanaan pengawasan.”Saya yakin, dengan persiapan yang matang, pengawas pemilu di Kabupaten Gunungkidul akan mampu melaksanakan tugas pengawasan Pemilu 2024 dengan baik,” ucapnya.

Kepada seluruh jajaran pengawas pemilu dia meminta untuk melakukan konsolidasi internal. Berinovasi, tingkatkan kualitas komunikasi dan kolaborasi dengan stakeholder eksternal. Laksanakan tugas dengan sepenuh hati, penuh totalitas, integritas dan profesionalitas.”Jangan takut dalam melaksanakan tugas, karena anda menjalankan tugas negara berdasarkan perintah undang-undang,” ujarnya.

Baca Juga: Dalang Diajak Ikut Awasi Pemilu, Cara Bawaslu Kebumen Sasar Pegiat Seni agar Peduli Demokrasi

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan saat ini diperlukan komitmen bersama dalam mendukung dan mensukseskan tahapan pemilu. Perlu keterlibatan berbagai pihak supaya terwujud suasana kondusif dan tidak menimbulkan kegaduhan politik di masyarakat.”Jaga netralitas, jaga kondusifitas, agar tidak menimbulkan permusuhan,” kata Sunaryanta. (gun/din)

Lainnya

Exit mobile version