Neutron Yogyakarta

Prihatin Masih Banyak Pembuang Sampah Liar

Prihatin Masih Banyak Pembuang Sampah Liar
PEDULI LINGKUNGAN: Aksi bersih-bersih yang diprakarsai DLH Kabupaten Sleman di di sekitar UnderpasS Kentungan, Depok, Sleman, (24/11).AGUNG DWI PRAKOSO/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman mengadakan gerakan kebersihan lingkungan di Kapanewon Depok, Jumat (24/11). Kegiatan diikuti 240 peserta terdiri atas anggota TNI dan kepolisian, pejabat kapanewon dan jajaran, warga sekitar dan dan relawan. Lokasi bersih-bersih di sepanjang Jalan Padjajaran (Underpas Kentungan-Jembatan Sambilegi).

Tujuan acara ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kepedulian terhadap sampah. Kepala DLH Kabupaten Sleman Epiphana Kristiyani menyampaikan, selain Depok, di beberapa titik juga diadakan kegiatan itu. Titik lokasi itu di antaranya Kapanewon Sleman, Tempel, dan Ngaglik.

Penyelenggaraanya memang tidak serempak. “Beberapa kapanewon belum bisa mengadakan, karena mungkin bersamaan dengan agenda kecamatan. Sehingga akan beberapa kali diselenggarakan,” ujarnya di sela acara kemarin.

Baca Juga: Warga Tolak IPLT, DLH Bantul Sebut Pencemaran Air Permukaan Sudah Tinggi

Epiphana menyampaikan keprihatinannya karena beberapa pengguna jalan masih ditemukan membuang sampah sembarangan di area itu. “Sudah dibersihkan bersama, apalagi dibantu aparat penegak hukum, kok masih ada yang ngeyel, kebangetan. Seharusnya malu membuang sampah sembarangan itu,” tandasnya.

Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok Isti Fajaroh yang juga panitia penyelenggara menambahkan, kegiatan ini merupakan kebijakan dari Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam rangka melakukan gerakan massal kebersihan di wilayah Sleman. Ada tiga kalurahan yang menjadi titik lokasi pembersihan, yaitu Kalurahan Caturtunggal, Condongcatur, dan Maguwoharjo.

“Di wilayah Kapanewon Depok banyak ditemukan pembuang sampah liar. Banyak sampah berserakan di lokasi lahan yang tidak bertuan,” tuturnya.

Baca Juga: Sampah Berserakan di Sungai Code Munculkan Bau Menyengat, DLH Kota Jogja Gencarkan Edukasi

Dikatakann, permasalahan sampah di wilayah Depok dinilai menjadi permasalahan serius. “Para pengguna jalan yang berlalu lalang juga harus sadar dan punya rasa memiliki untuk menjaga lingkungan, sehingga tidak melakukan pembuangan sampah liar lagi,” ujarnya.

Ephipana berharap kegiatan ini menjadi program berlanjut. Semakin banyak lagi masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam membersihkan sampah. “Ayo pelihara lingkungan, kelola sampah dengan baik dan jangan membuang sampah sembarangan,” tegasnya. (cr5/laz)

Lainnya