Neutron Yogyakarta

Market Day, Siswa Kelas Dua Belajar Jualan Carang Gesing

Market Day, Siswa Kelas Dua Belajar Jualan Carang Gesing
KOMPAK: Siswa kelas dua SDN Mendungan 2 Jogja saat bekerja sama membuar carang gesing pada gelaran market day Rabu (29/11).WULAN YANUARWATI/RADAR JOGJA 

RADAR MAGELANG – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mendungan 2 Jogja menggelar Gelar Karya siswa. Kegiatan itu merupakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan mengambil tajuk Berkarya Tanpa Batas, Berjiwa Pancasila.

Pada kesempatan itu, siswa kelas 2 membuat carang gesing, makanan khas Jogja. Makanan tradisional ini dibuat cukup sederhana menggunakan bahan roti tawar yang diiris kotak-kotak, pisang, dan santan. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus bersama. “Gampang kok. Di rumah juga kadang masak, nasi goreng, telur,” ujar seorang siswi kelas dua bernama Kila kemarin (29/11).

Makanan dengan rasa manis dan gurih itu ludes terjual. Dengan harga jual yang ditawarkan siswa senilai Rp 2 ribu.

Baca Juga: Daripada Mangkrak, 22 Gedung SDN Dihibahkan ke Pemdes

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Mendungan 2 Jogja Siti Supriyanti mengatakan mengatakan, Gelar Karya P5 dan Market Day tidak hanya menjual makanan dan minuman olahan siswa. Namun juga pentas seni, display produk karya anak berupa batik shibory, hingga ecoprint.

“Harapannya dengan kegiatan ini menjadikan generasi penerus yang kreatif, terampil, handal, mengikuti kemajuan jaman dan tetap pada karakter spiritual menjadi anak soleh solehah,” ujarnya.

Kegiatan Market Day melibatkan 167 siswa dengan puluhan guru hingga Komite sekolah. Selain itu juga ada tim proyek P5 dengan pendampingan dari Kemendikbudristek.”Jadi temanya kearifan lokal dan gaya hidup berkelanjutan,” jelasnya.

Baca Juga: Diguyur Hujan Semalam, Atap SDN 1 Pejagatan Ambruk

Lebih lanjut, dia mengatakan pelaksanaan kegiatan merupakan rangkaian dari sekolah penggerak angkatan ketiga. Sebelumnya diawali dengan pelatihan guru. Kemudian ada workshop bagi guru dan siswa. Di dalamnya juga termasuk peningkatan sarana prasarana, IT, dan media sosisal.”Hasil akhir dari rangkaian dari pelaksanaan itu Gelar Karya P5,” tuturnya. (lan/eno)

Lainnya