Neutron Yogyakarta

Sleman Tidak Punya Lajur Khusus Sepeda, Pemkab Beralasan Anggarannya Direfocusing

Sleman Tidak Punya Lajur Khusus Sepeda, Pemkab Beralasan Anggarannya Direfocusing
Ilustrasi pesepeda (dok Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Semangat Pemkab Sleman untuk menyehatkan masyarakatnya belum dibarengi dengan peningkatan fasilitas. Salah satunya untuk kegiatan bersepeda. Sebab, hingga saat ini Bumi Sembada sama sekali belum memiliki satupun lajur khusus sepeda.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Sleman Fransiskus De Sales Adriarto mengatakan, tidak tersedianya anggaran menjadi salah satu kendala dalam pengadaan lajur khusus sepeda ini. Lantaran anggaran dilakukan refocusing untuk program lain.

Menurutnya, Kabupaten Sleman dari dulu memang sama sekali belum pernah membangun jalur khusus sepeda di semua wilayah. Bahkan, sampai saat ini pun belum ada kepastian untuk merealisasikan hal tersebut pada 2024 maupun 2025 mendatang.

Baca Juga: Anggaran Droping BPBD Sleman Habis

Meskipun, instansi tersebut sebenarnya sudah memiliki rencana agar jalur khusus sepeda bisa dihadirkan. “Sementara baru dokumen perencanaan yang ada, itu saja belum semua kapanewon tercukupi,” ujar pria yang akrab disapa Adri ini, kemarin (30/11).

Menurut dia, sebenarnya ada beberapa titik yang sejatinya perlu dibuatkan lajur khusus sepeda. Sesuai perencanaan instansi tersebut jalur sepeda penting dihadirkan pada jalan-jalan yang menghubungkan destinasi wisata.

Selain itu, jalur sepeda juga perlu saling dihubungkan dengan jalan-jalan menuju ke sekolah. Khususnya sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang mayoritas siswanya berangkat menggunakan sepeda.

Terkait dengan amino pesepeda di Sleman sendiri. Pantauan Radar Jogja memang cukup besar. Itu tampak dari banyaknya pesepeda yang menuju ke destinasi-destinasi wisata di Sleman saat akhir pekan.
Bahkan, Pemkab sendiri pun juga cukup kerap mengadakan event bersepeda setiap tahunnya. Diketahui pula, kalau sport tourism seperti olahraga bersepeda juga cukup sering dikampanyekan sebagai wahana wisata andalan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Berapa UMK 2024 Sleman, Wakil Bupati: Akan Lebih Besar Dibandingkan Kabupaten Lain

Salah satu warga Sleman Nugraha berharap, pemerintah dapat membangun lajur khusus sepeda. Karena menurutnya, fasilitas tersebut akan menunjang keamanan bagi para pesepeda. Terlebih yang melewati jalan-jalan padat kendaraan bermotor.“Harapannya segera ada jalur khusus sepeda di Sleman,” ungkap warga kapanewon Mlati itu. (inu/din)

Lainnya

Exit mobile version