Neutron Yogyakarta

Klaim Aman, Stok Beras di DIY Dikirim dari Jakarta dan Jawa Tengah

Klaim Aman, Stok Beras di DIY Dikirim dari Jakarta dan Jawa Tengah
GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA

RADAR MAGELANG – Stok beras di wilayah DIY diklaim aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Bahkan hingga panen raya pada Februari dan Maret nanti. Bulog DIY juga sudah menerima pasokan beras dari Jakarta dan Jawa Tengah.

Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil DIY Ninik Setyowati menyebut, stok yang dimiliki Bulog Jogjakarta aman dan cukup hingga panen Maret 2024.Kendati demikian, Ninik mengatakan, pihaknya masih tetap menerima perpindahan atau tambahan stok beras dari daerah lain untuk penambahan stok.

Baca Juga: Kas Hartadi Kemungkinan Tak Bisa Dampingi Laskar Mataram saat Menjamu Nusantara United

“Sebelumnya sudah ada tambahan dari area Jakarta dan saat ini masih menerima move dari area Jawa Tengah,” katanya, Sabtu (2/12)

Pada masa panen di awal tahun mendatang, Bulog Kanwil DIY juga siap melaksanakan penyerapan gabah atau beras, hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat menambah stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Kanwil DIY.

“Stok CPB akan dilakukan agar kepastian dan keamanan stoknya terjaga,” sambungnya.

Baca Juga: Komitmen Layani Masyarakat, USD Jogja Sumpah 17 Apoteker

Ninik menambahkan, sampai dengan saat ini, Bulog Kanwil DIY juga masih terus melakukan pengadaan beras. Ketika harga beras di tingkat produsen melebihi Harga Pembelian Pemerintah (HPP), maka pengadaan beras dilakukan dengan mekanisme komersial. Jumlahnya menyesuaikan dengan permintaan pasar dengan memperhitungkan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang berlaku pada saat dilakukan penjualan.

“Itu dilakukan agar ada kesesuaian antara permintaan dengan harga pasarannya,” lontarnya.

Baca Juga: Barak Pengungsian Jadi TPS Darurat atau Dipindahkan ke Kapanewon di Bawahnya

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Syam Arjayanti juga menyebut, bahwa stok beras di DIY diproyeksikan aman dan terjaga, apalagi di tambah hujan yang mulai turun secara intensif harapannya bisa mempercepat masa panen.

“Dari pemerintah, Bulog dan beberapa gudang penyimpanan lain itu ada, stoknya aman,” sebutnya.

Baca Juga: JAWA POS RADAR JOGJA, Sabtu 2 Desember 2023

Syam sendiri menilai, pemindahan atau tambahan stok beras dari daerah lain ke wilayah DIY merupakan skema mitigasi yang penting dan tepat untuk dilakukan.

“Itu tindakan preventif yang bagus, menambah stok dan mempersiapkan beberapa kemungkinan di depan,” tandasnya (iza/pra).

Lainnya