Neutron Yogyakarta

Pengecekan Transportasi Nataru Bakal Jemput Bola

Pengecekan Transportasi Nataru Bakal Jemput Bola
ILUSTRASI: Ramp check pada salah satu kendaraan wisata ,RADAR JOGJRADAR JOGJA FILE.

RADAR KEBUMEN – Peningkatan jumlah pengguna transportasi darat diprediksi meningkat pada musim libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (nataru) mendatang. Karena itu, pengecekan laik jalan atau ramp check pun segera dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman akan dilakukan dengan jemput bola.

Kepala Dinas Perhubungan Sleman Arip Pramana mengatakan, pihaknya sudah menjadwalkan ramp check pada Selasa (5/12) besok. Dalam kegiatan itu Dishub Sleman akan berkoordinasi dengan lintas sektoral. Meliputi personel kepolisian hingga instansi di tingkat provinsi. Petugas akan mendatangi langsung masing-masing perusahaan otobus (PO) di kabupaten Sleman. “Kami datangi langsung PO lalu melakukan uji kelayakan kendaraan di tempat,” ujar Arip Minggu (3/12).

Mantan Kepala Satpol-PP Sleman itu menambahkan, dalam ramp check pihaknya akan melakukan pengecekkan kendaraan dan administratif. Meliputi hasil uji KIR dan kelengkapan surat-surat pengemudi.

Baca Juga: Segitiga Kecil di Kotabaru Simbol Kebhinekaan

Serta fisik kendaraan seperti rem, lampu, speedometer, wiper yang wajib berfungsi dengan baik. Hingga kelengkapan peralatan penunjang keamanan seperti pemadam api dan pemukul kaca.

“Kegiatannya kami laksanakan sesuai instruksi dari Kemenhub,” kata Arip.

Sebelumnya, Plh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub DIJ Sumariyoto menyampaikan, diprediksi akan ada sembilan juta pergerakan manusia di Jogja. Dari jumlah tersebut ada sekitar 883 ribu yang berkunjung ke destinasi wisata.

Karena itu, dia pun meminta, agar stakeholder terkait supaya bisa membuat informasi yang sedetail-detailnya kepada masyarakat. Khususnya yang berkaitan dengan titik-titik jalan alternatif. Sehingga tidak menambah kemacetan pada jalan-jalan utama.”Hampir dipastikan macet. Maka himbauannya adalah kepada masyarakat carilah informasi yang valid,” kata Sumariyoto. (inu/eno)

Lainnya