Neutron Yogyakarta

Mahasiswa UAD Sulap Tanaman Liar Songgolangit Tangkal Radikal Bebas Perokok Aktif, Seperti Apa..

Mahasiswa UAD Sulap Tanaman Liar Songgolangit Tangkal Radikal Bebas Perokok Aktif, Seperti Apa..
Tim Songgolangit UAD yang berhasil medali emas pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 yang digelar di Universitas Padjajaran Bandung .Wulan Yanuarwati/Radar Jogja

RADAR MAGELANG – Tanaman liar Songgolangit yang kerap tumbuh liar di sekitar kita, ternyata memiliki manfaat luar biasa. Songgolangit (Tridax procumbens L) mengandung antioksidan berupa flavonoid, bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas.

“Tanaman yang kami gunakan sangat mudah ditemukan. Bisa (untuk perokok berat), ini untuk preventif dan rehabilitasi dari perokok.

Dengan beberapa proses dan konsumsi rutin,”ujar Ketua Tim Riset Mahasiswa UAD Jogja, Aulia Syafadilla Azali, Rabu (6/11/2023).

Ekstrak tanaman Songgolangit berpengaruh kepada perubahan histologi organ pernafasan yang bisa menurunkan kadar Superoxide dismutase (SOD) dan malondialdehid (MDA).

Baca Juga: Ayo Daftar… KPU Kabupaten Purworejo Segera Buka Pendaftaran KPPS

Dengan begitu, dapat menangkal radikal bebas yang ditimbulkan oleh asap rokok.

Perokok aktif secara berkala dinilai bisa berkurang dan jangka panjang bahkan berhenti merokok.

“Karena ini uji praklinis, berupa serbuk dulu dan kami ekstrak dan menjadi cairan. Harapannya bisa dilanjutkan riset ini karena bermanfaat bagi perokok maupun bukan perokok, bisa mengurangi dampak rokok,” jelasnya.

Empat mahasiswa ini berasal dari Program Studi Biologi UAD diketuai Aulia Syafadilla Azali dengan tim Diah Kartika Wardani, Intan Faya Nurazizah, dan Annisaa’ Nurrohiim. Riset berjudul ‘Studi In Vivo Potensi Flavonoid Ekstrak Songgolangit (Tridax procumbens L.) Sebagai Bentuk Protektif Radikal Bebas pada Saluran Pernapasan Perokok Aktif’ dengan dosen pendamping Haris Setiawan.

Riset merupakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) didanai oleh Kemendikbuddiktiristek RI.

Baca Juga: Dibutuhkan 24.199 Petugas KPPS, KPU Sleman Buka Rekrutmen Petugas pada 11 Desember, Ini Yang Ditekankan…

Riset tersebut berhasil menyabet medali emas pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 yang digelar di Universitas Padjajaran Bandung pekan terakhir November 2023.

Sementara itu, Rektor UAD Jogja Muchlas mengapresiasi capaian yang sudah diraih tim Riset Songgolangit.

UAD Jogja berkomitmen mendukung sepenuhnya riset dan penelitian dosen dan mahasiswa demi kemajuan ilmy pengetahuan.

“Ada tiga hal yang didorong, SDM, sistem dan danai. Pasca kejuaraan kita berikan reward. Dan harapannya di tahun mendatang, akan terus kita kembangkan dari sistem yang sudah ada itu,” ujarnya. (lan/bah)

Lainnya