Neutron Yogyakarta

LLDIKTI V Yogyakarta Raih Predikat Zona Integritas Bebas Korupsi

LLDIKTI V Yogyakarta Raih Predikat Zona Integritas Bebas Korupsi
TERBAIK: Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta Aris Junaidi menerima penghargaan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) 2023. (Dok Istimewa)

RADAR MAGELANG – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta berhasil meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) 2023.

Predikat penghargaan diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB).

“Penghargaan Zona Integritas ialah pengakuan terhadap upaya dan dedikasi kami yang terus-menerus untuk membina budaya integritas, kejujuran, dan perilaku etis dalam pendidikan tinggi,” ujar Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta Aris Junaidi, Kamis (7/12/2023).

ZI-WBK merupakan predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi. Termasuk keberhasilan dalam mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Baca Juga: Keluarga Jadi Filter Pencegahan Korupsi, KPK Selenggarakan Bimtek di Kabupaten Gunungkidul

Enam area perubahan meliputi manajemen perubahan, penguatan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM aparatur, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Predikat ZI WBK bukan hanya sebagai suatu penghargaan. Tetapi juga sebagai tanda bahwa kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang bermutu dan berintegritas,” jelasnya.

Arif mengatakan komitmen mutu dan integritas untuk medapatkan predikat ZI WBK 2023 dengan cara menetapkan berbagai core layanan unggulan.

Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan kepada stakeholder yang diintegrasikan dalam portal layanan satu data PANDAWA.

“Bertujuan memudahkan layanan dan mewujudkan satu data terintegrasi LLDIKTI Wilayah V,” imbuhnya.

Baca Juga: Suami dan Istri Bisa Cegah Tipikor, Tekan Kasus Korupsi di Pemkab Bantul, KPK Lakukan Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas

Penghargaan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin juga diketahui hadir, menyerahkan penghargaan kepada pemerintah daerah dengan implementasi RB Tematik terbaik dan predikat SAKIP terbaik serta Kementerian dan Lembaga Pendukung dalam pelaksanaan RB Tematik 2023.

Setidaknya sebanyak 109 unit kerja agen pelopor perubahan birokrasi berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Rinciannya ada 85 unit kerja ditetapkan sebagai WBK dan 24 unit kerja mendapat predikat WBBM. (lan/amd)

Lainnya