Neutron Yogyakarta

Proyek Tol Jogja-Solo Dihentikan Sementara

Proyek Tol Jogja-Solo Dihentikan Sementara
PENGECEKAN: Pelaksana proyek saat mengecek pelebaran jalan Tol Jogja-Solo Paket 2.2 di Ring Road utara (18/12). Saat libur nanti ruas jalan tersebut bisa digunakan kembali.IWAN NURWANTO/RADAR JOGJA 

RADAR MAGELANG – Pembangunan Tol Jogja-Solo Paket 2.2 akan dihentikan sementara. Khususnya di kawasan Ring Road utara selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (nataru) agar tidak terjadi gangguan lalu lintas.

Humas PT Adhi Karya Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Agung Murhandjanto mengatakan, pemberhentian aktivitas proyek itu mulai besok (20/12) Desember 2023. Sementara untuk sterilisasi alat berat atau tidak adanya aktifitas alat proyek di jalan-jalan provinsi maupun kabupaten dimulai pada 22 Desember.

Hal ini karena untuk mengantisipasi adanya kemacetan karena lonjakan kendaraan yang masuk ke Jogjakarta. Namun kini, proyek pelebaran di ruas Ring Road utara sudah selesai. Dengan hal tersebut diharapkan dapat menambah kelancaran lalu lintas khususnya pada jalan utama lintas kabupaten.
“Untuk pelebarannya sudah 100 persen, sehingga siap dilintasi kendaraan saat libur nataru,” ujar Agung saat ditemui kemarin (18/12).

Setelah libur nataru, proyek akan dilanjutkan dengan pembongkaran median jalan. Sementara untuk titik di Kalurahan Tirtoadi, akan dilakukan pengecoran block calved, pemadatan timbunan, dan pembangunan drainase.

Dia menyebut, secara keseluruhan untuk capaian proyek pembangunan Tol Jogja-Solo Paket 2.2 sudah mencapai 20 persen. Dia pun optimistis apabila tidak kendala, maka proyek tol tersebut akan selesai pada akhir tahun mendatang. “Untuk pembangunan kami usahakan secepatnya,” ungkap Agung.

Sementara itu, Manajer Pengendalian Jalan Tol Jogja-Solo Paket 2.2 Aldyan Wyga mengaku, belum menemui kendala terkait dengan pembebasan lahan tol. Bahkan khusus di wilayah Tirtoadi hampir semuanya sudah selesai dan tinggal menyelesaikan administrasi. “Kami harapannya akhir tahun 2024 sudah selesai,” kata Aldyan. (inu/eno)

Lainnya

Exit mobile version