Neutron Yogyakarta

Rawan Disinformasi, KPU DIY Tekanan Pentingnya Expose Logistik Pemilu 2024

Rawan Disinformasi, KPU DIY Tekanan Pentingnya Expose Logistik Pemilu 2024
KOORDINASI: Suasana Expose Logistik Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh KPU DIJ di Eastparc Hotel pada Selasa (19/12). (IWAN NURWANTO/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menyelenggarakan expose logistik Pemilu 2024 di Eastparc Hotel Selasa (19/12). Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengantisipasi adanya disinformasi. Khususnya, terkait dengan logistik pemilu.

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan, salah satu tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan. Sekaligus literasi masyarakat terhadap logistik pemilu.

Menurut dia, hal tersebut penting. Sebab, di era media sosial seperti sekarang disinformasi tentang pemilu cukup rawan terjadi. Contohnya seperti kotak suara kardus yang disebut rawan rusak.

Baca Juga: Minat Mengadopsi Anak di Gunungkidul Tinggi, Ternyata Ini Penyebabnya

Padahal sebenarnya kotak suara untuk pemilu terbuat dari karton duplex yang bahannya lebih kuat. Selain itu, kedap air dan mampu menahan beban hingga 100 kilogram.

“Logistik pemilu menjadi salah satu isu disinformasi. Melalui expose logistik, kami ingin membuka pemahaman tentang pemilu,” ujar Ahmad disela sambutannya.

Selain itu, adanya kegiatan expose logistik juga menjadi salah satu upaya untuk menegaskan, bahwa KPU DIY siap dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Jogjakarta Siang Hingga Malam Selasa 19 Desember

Salah satunya dari segi kesiapan logistik seperti kotak suara, tinta, bilik suara dan sebagainya.

Disamping itu, melalui kegiatan tersebut juga diharapkan dapat membentuk sinergi KPU DIY dengan pemangku kepentingan.

Seperti kepolisian yang nantinya membantu penyelenggara pemilu untuk menangani pengelolaan serta distribusi logistik.

Ahmad menyatakan, kalau dari sisi kesiapan KPU DIY telah mencapai persentase 85 persen. Adapun untuk 15 persen sisanya hanya kurang dalam hal pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan sebagian dari logistik.

Baca Juga: APK Pemilu 2024 Timpa Warga, Ada yang Patah Kaki di Pakem dan Kening Dijahit di Depok

“Begitu dua tahapan itu selesai maka KPU siap menyelenggarakan pemilu 2024,” ungkapnya.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, yang hadir dalam kegiatan itu, menegaskan, pihaknya siap melaksanakan pengamanan tiap tahapan Pemilu 2024.

Tak terkecuali pengamanan logistik dari gudang penyimpanan sampai dengan penyaluran.

Baca Juga: Referensi Liburan Nataru, Bukit Panguk Kediwung Sajikan Pesona Alam Menawan Yogyakarta, Masuknya Murah Meriah…

Untuk pengamanan distribusi logistik nantinya, Suwondo menyatakan, Polda DIY juga siap menerjunkan personel. Dengan demikian, setiap tahapan dapat berjalan aman.

“4.860 personel siap untuk melakukan pengamanan distribusi,” tegas perwira tinggi polisi dengan dua bintang di pundak itu. (inu/amd)

Lainnya