Neutron Yogyakarta

KAI Commuter Tambah Perjalanan KRL Jogja-Solo

KAI Commuter Tambah Perjalanan KRL Jogja-Solo
KONDUSIF: Suasana pintu keluar-masuk bagi penumpang KRL di Stasiun Tugu Jogja Sabtu (23/12). (Winda Atika Ira P/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi dengan menambah jumlah perjalanan harian KRL di wilayah VI Jogja. Hal ini untuk menghadapi lonjakan penumpang dalam masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang diprediksi mencapai 30 ribu penumpang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, penambahan jumlah perjalanan tersebut berlangsung dari 20 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Pada periode tersebut, akan ada 30 perjalanan setiap harinya. Dengan penambahan 10 perjalanan pada hari kerja dan enam perjalanan pada akhir pekan.

Sedangkan untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Jogja-Kutoarjo pulang-pergi, tetap mengoperasikan 8 perjalanan setiap harinya. “Karena kita lihat 2-3 Januari sudah banyak kantor kantor,” katanya kepada wartawan di Stasiun Tugu Jogja Sabtu (23/12).

Anne menjelaskan, puncak kepadatan penumpang KRL saat nataru ini diprediksi terjadi selepas 26 Desember. Yaitu berkisar antara 28 ribu hingga 30 ribu penumpang. Pengguna KRL Jogja-Solo pada nataru tahun ini diprediksi sebesar 365 ribu atau 11 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 330 ribu penumpang. Sedangkan pengguna Prameks pada nataru tahun ini diprediksi sebesar 50 ribu orang, atau naik 17 persen dibanding tahun lalu 42 ribu orang. Menurutnya, jumlah penumpang menggunakan KRL ini ada yang untuk keperluan wisata maupun bekerja.

Lebih lanjut selain penambahan perjalanan, Anne menambahkan di Stasiun Tugu Jogja juga ditambah akses keluar-masuk penumpang KRL. Hall baru tersebut berada samping timur pintu selatan stasiun di jalan Pasar Kembang. “Kita siapkan 15 gate,” ungkapnya. (wia/eno)

Lainnya

Exit mobile version