Neutron Yogyakarta

Berkah Nataru, Unit Mobil di Banyak Rental Habis Disewa Hingga Awal 2024

Berkah Nataru, Unit Mobil di Banyak Rental Habis Disewa Hingga Awal 2024
LARIS: Deretan mobil yang disewakan selama momentum nataru. (Fahmi Fahriza/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Trafik tinggi wisatawan ke DIY pada momentum Natal dan tahun baru (nataru) turut berdampak pada berbagai sub sektor. Termasuk, jasa rental penyewaan mobil.

Beberapa rental mengaku menuai berkah nataru terhadap usaha mereka. Banyak mobil sudah disewa.

Pemilik rental mobil AKA Transport yang berada di Demangan, Ahmad Kurniawan, menyatakan, pada momentum nataru kali ini semua unit mobil sudah habis disewa hingga awal 2024 mendatang.

Baca Juga: Faktornya Wisatawan Pindah Destinasi ke Solo, Sempat Capai 98 Persen, PHRI DIY Rinci Tingkat Penghunian Kamar Hotel Menurun dari 98 Jadi 80 Persen

“Kami ada tujuh belas unit mobil. Semua sudah keluar ini, baru balik sekitar 2 Januari nanti,” katanya pada Radar Jogja, Rabu (27/12).

Diakuinya, penyewaan mulai terasa tinggi dan ada kenaikan cukup signifikan mulai 22 Desember lalu.

“Mulai kerasa orderan full itu sekitar semingguan lalu,” sambungnya.

Baca Juga: Parkir Sembarangan, Puluhan Kendaraan Digembosi dan Digembok Bannya, Paling Banyak di Pasar Kembang

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Iwan itu menuturkan, secara umum demografi penyewanya merupakan wisatawan luar daerah.

Dia merinci rata-rata mereka datang dari kenalan yang sebelumnya pernah menyewa di AKA.

Dikatakannya, sejauh ini banyak penyewa datang dari beberapa daerah di luar Jawa seperti Kalimantan dan juga Sumatera. Sisanya dari daerah Jawa Timur dan beberapa kota sekitaran DIY.

Sementara perihal harga sewa, Iwan mematok harga yang berbeda dibandingkan hari biasa. Ada kenaikan per unit mobil dengan rentang Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu.

Baca Juga: Tekan Maraknya Kegiatan Tambang Ilegal, Dinas PUP ESDM Upaya Perbaikan Penertiban Izin Libatkan Aparat Penegak Hukum

Kenaikan tersebut diakuinya juga sudah dikoordinasikan terlebih dahulu dengan asosiasi atau beberapa pemilik usaha serupa.

“Sudah ada obrolan sih sesama pelaku usaha, dan rata-rata kenaikannya sama,” ungkapnya.

Senada dengan Iwan, salah seorang pemilik rental mobil di bilangan Caturtunggal, Sleman, Argo Triputra, menyebut permintaan sewa pada momentum nataru memang sangat tinggi. Kenaikannya mencapai seratus persen dibanding hari normal.

Baca Juga: Dipasang di Perlintasan Kereta Api, Puluhan Alat Peraga Kampanye Dicopot Bawaslu Sleman

Argo menyebut 20 mobil yang dimilikinya sudah habis disewa. Padahal, masih banyak orderan atau waiting list yang masuk hingga sekarang.

“Sudah habis. Tapi, yang tanya atau waiting list, ya ada saja,” paparnya.

Argo menilai bahwa momentum nataru memang jadi salah satu berkah tahunan bagi para pemilik rental mobil, dari pantauannya hampir semua usaha rental mobil pasti banjir orderan rental saat momentum nataru.

“Saya lihat sih rata ya, semua rental orderannya penuh di akhir tahun gini,” tandasnya (iza/amd).

Lainnya