Neutron Yogyakarta

KPU DIY Buat Buku Panduan Logistik Pemilu 2024, Susul Logistik yang Telah Terdistribusi ke 5 Kabupaten/Kota

KPU DIY Buat Buku Panduan Logistik Pemilu 2024, Susul Logistik yang Telah Terdistribusi ke 5 Kabupaten/Kota
PANDUAN: Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi saat media gathering dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Bale Raos Jogja Kamis (28/12). (Winda Atika/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY membuat buku panduan logistik Pemilu 2024. Hal ini menyusul dilakukannya serah terima barang logistik yang terdistribusikan ke 5 kabupaten/kota. Tahap selanjutnya tinggal penyortiran.

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan, mulai Kamis siang (28/12) hingga sore dari laporan di gudang-gudang KPU kabupaten/kota seluruh logistik yang terdistribusi sudah sesuai kebutuhan.

KPU DIY kemudian membuat buku panduan pengelolaan logistik di DIY.

Baca Juga: Bawaslu Bantul Lakukan Ribuan Upaya Pencegahan Pelanggaran Pemilu Sepanjang 2023

“Kita buat buku saku untuk KPU kabupaten/kota untuk tenaga-tenaganya. Mulai dari penyimpanan, sortir, pengiriman hingga distribusi,” katanya usai Media Gathering dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Bale Raos Jogja Kamis (28/12).

Shidqi menjelaskan pedoman teknis tata kelola logistik pemilu juga telah tertuang dalam keputusan KPU Nomor 1395 Tahun 2023.

Pun sudah dipastikan, jumlah logistik yang dikirimkan ke tiap kabupaten/kota sudah sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Pak Polisi, Selamat Malam… Dalam Setahun Polda DIY Kena Prank Sebanyak 29.707 Panggilan di 110, Mayoritas Tak Dapat Dipertanggungjawabkan

“Sudah kita terima dan disimpan di gudang logistik kabupaten/kota. Seperti kotak bilik, tinta, bolpoin, bantalan alat coblos dan alat pemungutan suara lainnya. Saat ini, tinggal dalam proses setting misalnya lembaran kota suara dibuat kotak,” ujarnya.

Menanggapi isu surat suara yang lebih dulu tercoblos sebelum pemilu, Shidqi mengeklaim persoalan tersebut tidak ditemukan di DIY.

Kendati demikian, KPU DIY telah menyiapkan upaya antisipasi mulai dari penerapan SOP dalam proses sortir lipatan.

Baca Juga: 60 Sampai 90 Ton Sampah Kiriman Diprediksi Penuhi Kawasan Pantai di Bantul saat Tahun Baru

Sedangkan, apabila ditemukan surat suara sudah tercoblos di tempat pemungutan suara (TPS) maka pemilih bisa menukarnya kepada petugas.

“Kalau di TPS menemukan surat suara dicoblos pemilih bisa menukar karena setiap surat suara yang akan digunakan oleh pemilih kan dibuka dulu perhatikan, ini sudah dicoblos maka ini ditukar. Tapi, selama ini di Jogja tidak ada dan di pemilu sebelumnya isu itu tidak terbukti ada surat suara sudah dicoblos,” jelasnya.

Bahkan, tiap surat suara pemilu 2024 dilengkapi dengan mikrotech sebagai pengaman surat suara asli.

Baca Juga: Kinerja APBN Tetap Terjaga, Realisasi Belanja APBN DIY Mencapai Rp 17,9 Triliun

“Pengaman di setiap surat suara akan diprotek bahwa surat suara ini betul-betul asli sama seperti uang,” terangnya.

Adapun bagi penyandang disabilitas, KPU akan menyediakan template surat suara menggunakan huruf braille pada surat suara Presiden dan Wakil Presiden serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Nanti (huruf braille) ada di nama dan nomor. Kalau surat suara DPRD tidak ada karena sulit sebab banyak nama-nama calegnya,” tambahnya. (wia/amd)

Lainnya

RADAR MAGELANG – Proyek pembangunan gedung Puskesmas Alian telah rampung dikerjakan. Infrastruktur layanan kesehatan ini dibangun atas manfaat dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) senilai Rp 6,3 miliar. Kepala UPTD Puskesmas Alian Brantas Prayoga memastikan, seluruh layanan kesehatan akan lebih optimal pasca menempati gedung baru. Sebab lewat perbaikan ini standar layanan kesehatan di Puskesmas Alian setingkat lebih maju dari sebelumnya. Terpenting sudah tersedia layanan rawat inap dan rawat jalan. “Layanan kami UGD 24 jam. Di poli kami punya ruang pemeriksaan umum dan MTBS,” jelasnya, Selasa (26/12). Puskesmas yang berlokasi di Jalan Pemandian Krakal tersebut secara resmi membuka pelayanan perdana pada awal Desember lalu. Dari DBHCHT, Puskesmas Alian kini memiliki gedung dua lantai. Dengan fisik bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 1.400 meter persegi. Berbagai pelayanan penunjang tambahan saat ini juga telah tersedia. Antara lain poli, pemeriksaan USG dan persalinan. Selain itu, pembangunan Puskesmas Alian juga didesain memiliki ruang tunggu lebih luas agar masyarakat nyaman. Brantas menyatakan, pihaknya akan berkomitmen untuk selalu menjaga mutu kualitas serta profesionalitas terhadap layanan kesehatan masyarakat. “Ada beberapa ruangan dan sudah sekarang beroperasi untuk pelayanan masyarakat,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Bea Cukai Cilacap M Irwan menyebut, realisasi penerimaan negara dari objek cukai rokok di Kebumen terbilang cukup tinggi. Tepatnya mencapai Rp 300 miliar. Penerimaan ini tak luput karena banyaknya produsen rokok rumahan di Kebumen. “Penerimaan cukai justru dari Kebumen. Karena pabrik rokok cukup besar ada di Kebumen, sama klembak menyan itu heritage,” kata Irwan. M Irwan menjelaskan, sejauh ini berbagai upaya terus digencarkan agar penerimaan dari objek cukai rokok dan tembakau terus meningkat. Salah satunya melalui tindakan represif dengan melakukan operasi penertiban rokok ilegal. Kemudian, upaya preventif melalui pengawasan terhadap distribusi rokok ilegal. “Ada skema bagi hasil, buat sosialisasi dan patroli tim terpadu,” jelasnya. (fid/ila)

Exit mobile version