Neutron Yogyakarta

Presiden Jokowi Pantuan Harga Dapat Sambutan Hangat Warga di Pasar Purworejo

Presiden Jokowi Pantuan Harga Dapat Sambutan Hangat Warga di Pasar Purworejo
Momen Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Purworejo pada Selasa (2/1) yang mendapat sambutan antusias dari warga. (JIHAN ARON VAHERA/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berserta Ibu Negara Iriana Jokowi berkunjung ke Pasar Purworejo pada Selasa (2/1/2023) pagi. Orang nomor 1 di Indonesia itu mendapatkan sambutan hangat dari para pedagang Pasar Purworejo.

Jokowi berkunjung ke Pasar Purworejo pukul 08.00. Setibanya di Pasar Purworejo, Jokowi langsung berkeliling pasar mengecek harga kebutuhan pokok sembari menyapa pedagang.

Dia menyampaikan, berkeliling pasar utamanya mengecek harga cabai rawit dan beras yang tengah tinggi.

Baca Juga: Daddy Issues. Kondisi Psikologi Yang Terjadi Karena Tidak Mendapatkan Figur Seorang Ayah Saat Masih Kecil

“Saya tadi melihat-lihat saja. Cabai rawit tadi Rp 70 ribu,” katanya saat ditemui Selasa (2/1/2023).

Sementara, saat ditanya terkait harga beras yang masih tinggi, dia menyebut harga beras di sejumlah negara di dunia mengalami hal yang sama. Tidak hanya di Indonesia.

Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan iklim dan super el nino. Selain itu, 22 negara stop atau berhenti tidak mengekspor beras sehingga terjadi keguncangan harga beras.

“Semua negara mengalami,” jelas dia.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Untuk Jogja Selasa 2 Januari, Pagi Cerah, Siang sampai Sore?

Meski demikian, Indonesia tidak mengalami kenaikan drastis seperti negara lain karena bisa mengendalikan. Saat ini, stok bulog juga sangat baik.

“Tahun kemarin masih 1,4 juta ton. Tahun ini akan masuk lagi untuk cadangan strategis agar betul-betul kita aman karena panennya sedikit mundur,” terang Jokowi.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi juga membagikan sejumlah bantuan seperti sembako. Salah satu pedagang Pasar Purworejo yang mendapat bantuan yaitu Sipon, 53, asal Kecamatan Purworejo.

“Saya senang. Alhamdulillah, baru pertama kali melihat bisa untuk oleh-oleh keluarga di rumah,” ucapnya. (han/amd)

Lainnya