Neutron Yogyakarta

Pertama Kalinya, Juru Parkir Pasar Kranggan Dapat Apresiasi Wali Kota Jogja, Diberi Sejumlah Sembako

Pertama Kalinya, Juru Parkir Pasar Kranggan Dapat Apresiasi Wali Kota Jogja, Diberi Sejumlah Sembako
NIKMAT: Penjabat Wali Kota Jogjakarta Singgih Raharjo makan bersama jukir Sarwo Sukindro Putro di Pasar Kranggan Jogja Kamis (4/1/2024). (Agung Dwi Prakoso/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Pertama kalinya Pemerintah Kota Jogjakarta memberikan penghargaan kepada juru parkir (jukir) kawasan Pasar Kranggan.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar penilaian Pemkot Jogja terhadap pelayanan yang maksimal kepada pengunjung.

“Saya kalau melayani parkir dari memberikan aba-aba, membuka kan pintu sampai dengan menyebrangkan pasti selalu saya lakukan,” ujar Sarwo Sukindro Putro, jukir penerima penghargaan dari Wali Kota Jogja, kepada Radar Jogja, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga: Tragedi Kanopi Roboh, Aktivitas dan Perjalanan Kereta Api di Daop 6 Jogjakarta Tetap Berjalan Normal

Sarwo adalah jukir di sisi selatan Pasar Kranggan. Ia merupakan jukir spesialis kendaraan roda empat. Saat jukir lain hanya datang meminta uang parkir dan pergi, Sarwo justru memberikan pelayanan dengan tuntas.

“Saya sudah 15 tahun menjadi juru parkir di Pasar Kranggan sisi selatan. Alhamduliah malah tidak kepikiran bisa dapat hadiah dari Pak Wali Kota,” tuturnya.

Penghargaan tersebut berupa sejumlah sembako yang diberikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Jogjakarta Singgih Raharjo.

Baca Juga: Perubahan Musim Ditandai Sejumlah Kejadian Kebencanaan, Warga Bantul Diimbau Waspada

Dengan adanya apresiasi tersebut, Sarwo berharap jukir lain bisa mencontoh. Bahkan, pelayanan yang diberikan bisa lebih dari apa yang ia lakukan.

“Saya juga mendapatkan perpanjangan izin (jukir) karena izin hanya berlaku enam bulan sekali yaitu bulan Januari-Juni dan Juni- Desember,” tandasnya.

Sementara itu, Singgih Raharjo menyampaikan, jukir yang baik akan diberikan apresiasi. Sedangkan mereka yang tidak sesuai regulasi akan ditindak lanjuti. Prosesnya adalah jika ditemukan pungutan liar maka akan diberi imbauan terlebih dahulu.

Baca Juga: Petugas Sortir Lipat Surat Suara Dilarang Berkuku Panjang, Wajib Digeledah Sebelum Bertugas

“Kalau jukir ngeyel, ya, kita akan lakukan penindakan,” ujarnya.

Singgih mengaku mendapatkan info pelayanan parkir Sarwo dari sosial media. Melihat pelayanan yang baik, Singgih lalu menugaskan stafnya untuk mencari informasi tentang Sarwo.

Baca Juga: KPU Sleman Terima 141 Surat Suara Dalam Kondisi Rusak, dari Kertas Berlubang Sampai Robek

Selain dari sisi pelayanan, dia juga menerapkam tarif parkir sesuai regulasi.

“Ada juga layanan tambahan seperti menyeberangkan dan lainnya sehingga membuat para pelanggan senang. Bahkan, ketika Pak Sarwo tidak meminta, sering kali diberi imbalan yang lebih,” ucapnya. (cr5/amd)

Lainnya

Exit mobile version