Neutron Yogyakarta

Bawaslu Magelang Gandeng Pramuka Awasi Pemilu 2024

Bawaslu Magelang Gandeng Pramuka Awasi Pemilu 2024
PELANTIKAN : Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang Hamzah Kholifi menggambil sumpah Ketua Bawaslu Kota Magelang Endang Sri Rahayu Andayaningsih, menjadi Ketua Majelis Pembimbing Saka Pramuka Adhyasta Pemilu Kwarcab Kota Magelang.

MAGELANG, Koran Magelang – Sejumlah siswa SMA di Kota Magelang yang tergabung dalam ekstrakulikuler Pramuka mulai berminat mendaftar sebagai Saka Adhyasta Pemilu dan datang ke kantor Bawaslu Kota Magelang, Senin (13/6).

Struktur Satuan Karya (Saka) Pramuka Adhyasta Pemilu Kwarcab Kota Magelang tersebut dilantik langsung oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang Hamzah Kholifi, Kamis (19/5).

Ketua Bawaslu Kota Magelang Endang Sri Rahayu Andayaningsih dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Saka Pramuka Adhyasta Pemilu Kwarcab Kota Magelang.

Kordiv Pengawasan Bawaslu Jawa Tengah Anik Sholihatun mengungkapkan bahwa Saka Adhyasta Pemilu menjadi arahan dari Bawaslu RI dengan poin utama untuk pengawasan partisipatif.

”Jadi Saka Adhyasta Pemilu ini tindak lanjut dari MoU Nasional antara Kwartir Nasional dengan Bawaslu RI. Kita terjemahkan sebagai salah satu segmen masyarakat yang kita dorong untuk terlibat dalam pemilu dan demokrasi,” ungkapnya.

Dia menyebut, usai pelantikan, akan ada mekanisme tranformasi ilmu pengetahuan, wawasan dan lain sebagainya. Bentuk peran dan kontribusinya di antaranya berperan aktif mengedukasi masyarakat, mengawal tahapan pemilu dan mencegah/menolak politik uang.

”Kemudian sama-sama hadir meningkatkan partisipasi di TPS, misalnya. Bahkan jika sudah memenuhi syarat, teman-teman Saka ini bisa mendaftar sebagai penyelenggara pemilu Ad Hoc bila tahapannya sudah masuk,” ujarnya.

Anik menambahkan, hingga kini sudah ada 22 Saka Pramuka Adhyasta Pemilu di Jawa Tengah. ”Sudah ada 22 kota/kabupaten dari 35 di Jawa Tengah. Yang lain akan segera menyusul, targetnya tahun ini sudah terbentuk di seluruh kota/kabupaten di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Ketua Bawaslu Kota Magelang Endang Sri Rahayu Andayaningsih menambahkan, usai pelantikan, pihaknya akan segera membuka pendaftaran anggota Saka Adhyasta Pemilu Kota Magelang.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang Hamzah Kholifi mengatakan pihaknya mendukung dan mengapresiasi terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu.

”Ini merupakan bentuk gotong royong untuk meningkatkan semangat berdemokrasi khususnya di Kota Magelang. Diharapkan ke depan, Pramuka ini bisa memberikan kontribusi yang positif dalam proses demokrasi agar lebih baik,” kata Hamzah. (jpg/bah/ong)

Lainnya

Exit mobile version