Neutron Yogyakarta

KPU Kabupaten Magelang Gelar Nobar Launching Tahapan Pemilu 2024

KPU Kabupaten Magelang Gelar Nobar Launching Tahapan Pemilu 2024
PERSIAPAN PEMILU: Jajaran KPU Kabupaten Magelang dan pihak terkait menggelar nonton bareng (nobar) peluncuran tahapan pemilu tahun 2024 Selasa malam (14/6).( Nanang Febriyanto/Radar Jogja)

MUNGKID, Koran Magelang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menggelar nonton bareng (nobar) peluncuran tahapan pemilu tahun 2024 Selasa malam (14/6).Diikuti 80 orang, kegiatan berlangsung hikmat di Aula Kantor KPU Kabupaten Magelang.

KPU Kabupaten Magelang mengajak serta perwakilan Forkompimda, Bawaslu, pengurus partai politik serta pemangku kepentingan lain tingkat Kabupaten Magelang. Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin mengungkapkan, KPU RI telah menetapkan hari pemungutan suara pemilihan umum serentak pada 14 Februari 2024.

Maka dengan launching daring dari KPU RI secara resmi tahapan pemilu tahun 2024 sudah dimulai sejak Selasa (14/6). “Yang berarti tinggal 20 bulan lagi menuju pemilu serentak 2024,” kata Afif di sela acara.

Terkait kesiapan, pihaknya juga tidak menampik adanya evaluasi dari beberapa kekeruangan saat pelaksanaan pemilu 2019. Karena itu, dalam waktu dekat konsolidasi dengan stakeholder akan dilakukan dengan beberapa kegiatan. Baik dalam bentuk kunjungan atau berupa rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan jajarannya, Ormas, dan Partai Politik. “Tentu saja semua itu dalam rangka mensukseskan pemilu 2024 nanti,” tegasnya.

Afiffuddin berharap Pemilu 2024 sukses terselenggara. Namun demikian dalam pelaksanaannya nanti dikatakan cukup berat.Sebab terjadi irisan tahapan antara pemilu dan pilkada. Terutama diakhir 2023 nanti ada irisan tahapan pilkada dengan tahapan pemilu. Saat mendekati hari pemungutan suara sudah masuk pada tahapan pilkada.”Namun dengan perencanaan dan kesiapan yang matang tentunya kami siap melaksanakan dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu Humas KPU Kabupaten Magelang Tribida menambahkan, beberapa tahapan penting bakal digelar 2022, di antaranya tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu 2024. Dimulai 29 Juli hingga 13 Desember 2022. Sedangkan tahapan penetapan peserta pemilu pada 14 Desember 2022.”Kami sudah siap segala sesuatunya sesuai dengan jadwal dan tahapannya mulai dari perencanaan program kegiatan, rancangan anggaran sudah siap semua. Mengacu pada petunjuk pedoman dari KPU RI,” jelasnya. (naf/pra/ong)

Lainnya

Exit mobile version