Neutron Yogyakarta

Wisata Kulonprogo Ramah Semua Kalangan

Wisata Kulonprogo Ramah Semua Kalangan
RAMAH UNTUK SEMUA: Kegiatan Fam Trip Difabel yang digelar Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Kulonprogo.(HENDRI UTOMO / RADAR JOGJA)

JOGJA, Koran Magelang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo berusaha menghadirkan wisata ramah bagi semua. Termasuk untuk kalangan penyandang disabilitas atau difabel. Melalui Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata, mereka diajak mengikuti kegiatan yang dikemas dengan fam trip difabel.”Kami pastikan destinasi wisata di Kulonprogo ramah bagi semua kalangan. Ini merupakan gelaran tahun kedua dan kami masih mengharapkan saran masukan teman-teman difabel agar ke depan paket layanan wisata ini semakin baik,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo Joko Mursito, Kamis (23/6)

Dijelaskan, kegiatan kali ini diikuti 60 peserta dari wilayah Kulonprogo dan sekitarnya. Salah satu lokasi yang dipilih yakni Desa Wisata Ngargosari di Kapanewon Samigaluh yang dalam waktu dekat akan didatangi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno. ”Menparekraf RI yang dijadwalkan akan datang pada akhir bulan mendatang ke Desa Wisata Ngargosari yang masuk lima besar Anugerah Desa Wisata 2022,” jelasnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana menyambut baik kegiatan tersebut. Semua peserta terlihat enjoy, panitia juga sudah mengemas acara senyaman dan seaman mungkin. Peserta diajak menikmati wisata petik teh, menyangrai teh dengan anglo, pembuatan teh kebon, membuat gula aren, membuat tenun dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) dan banyak kegiatan lainnya.

“Ini wisata yang paling unik, bahkan cuma ada di Kulonprogo. Bisa direplikasi daerah-daerah lainnya. Ya, Kulonprogo menginspirasi Indonesia,” ucapnya. (tom/din/sat)

Lainnya

Exit mobile version