Neutron Yogyakarta

90 Anak Diarak Naik Jip dan Mobil Kodok Sebelum Sunat

90 Anak Diarak Naik Jip dan Mobil Kodok Sebelum Sunat
ANTUSIAS: Anak-anak saat diarak menggunakan mobil VW dan Jeep sebelum mengikuti sunatan massal Padmanaba di Padukuhan Jonoran Wetan, Triwidadi, Pajangan (26/6).(IWAN NURWANTO/RADAR JOGJA)

JOGJA, Koran Magelang – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 atau Lustrum ke-16 SMA Negeri 3 Jogjakarta (Padmanaba) digelar dengan kegiatan sosial. Salah satunya adalah sunatan massal yang digelar di Padukuhan Jonoran Wetan, Triwidadi, Pajangan. Uniknya dalam kegiatan tersebut, 90 anak yang akan disunat diarak dulu dengan mobil VW dan Jeep.

Ketua Lustrum 80 Padmanaba Zuhdan Arif Fakhrullah mengatakan, peserta sunatan massal berasal dariseluruh kota/kabupaten di DIJ. Kegiatan ini, sengaja dikonsep menyenangkan dengan pawai mobil. Supaya anak-anak yang akan disunat, tidak tegang. Dengan harapan, sunat dianggap kegiatan yang menyenangkan.

Pemegang jabatan Direktur Jenderal Dukcapil itu pun menyebut, selain mendapatkan sunat gratis, anak-anak juga mendapatkan uang, saku, sembako, hingga perlengkapan sekolah. “Kebetulan saat ini adalah musim liburan sekolah. Diharapkan setelah liburan, anak-anak yang sudah sunat lebih bertanggungjawab lagi terhadap kewajibannya menuntut ilmu,” ujar Zuhdan di sela kegiatan Minggu (26/5).

Sementara itu, Ketua Panitia Sunatan Massal Padmanaba Satya Wiragraha menjelaskan, peserta yang ikut sunatan massal tidak hanya umat muslim saja. Dari total 90 peserta sunatan masal, setidaknya ada 11 peserta yang non-muslim. “Inilah wujud harmoni dari kegiatan Padmanaba yang tidak mengenal agama, ras, dan golongan. Perbedaan menyatukan alumni Padmanaba,” beber Satya. (inu/eno/sat)

Lainnya